11 Arti Gerakan Ekor Kucing yang Menggambarkan Suasana Hatinya

Ekor memiliki peran yang cukup penting bagi kucing. Bagian ekor pada kucing berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kucing, baik saat melompat, berlari ataupun berjalan. Selain itu, ekor juga digunakan kucing untuk menunjukkan suasana hatinya.

Jika kamu adalah pecinta kucing, sebaiknya pahami arti dibalik gerakan ekor kucing peliharaanmu.

Dengan begini kamu akan mengerti kapan waktu yang tepat untuk bermain dengannya atau justru menenangkan kucing mu yang sedang stress.

credit : unsplash.com

Melansir dari Daily Paws, berikut ini 11 arti gerakan ekor kucing yang menggambarkan suasana hatinya.

1. Ekor lurus

Saat kucing berjalan di area yang cukup familiar baginya, ia akan merasa percaya diri. Kucing menunjukkan rasa percaya dirinya ini dengan gesture ekor yang lurus ke atas.

Gesture ekor ini juga di lakukan kucing saat berpapasan dengan kucing lain yang memiliki hubungan persahabatan dengannya. Ini menunjukkan rasa saling percaya dan ingin terlibat.

2. Menggoyangkan ekor

Jika anjing mengibaskan ekor untuk menunjukkan rasa bahagia, berbeda dengan kucing yang berarti sebaliknya.

Jika dua kucing mengibaskan ekor mereka satu sama lain sementara punggung mereka melengkung dan kepala mereka menunduk, mereka mungkin akan terlibat dalam perkelahian kecil.

Namun, ekor yang terus-menerus bergoyang juga dapat menunjukkan bahwa kucing sedang merasa kesakitan.

3. Ekor menggigil atau bergidik

Ada beberapa arti dibalik ekor kucing yang bergidik, biasanya ini berarti kucing sedang menandai wilayahnya atau sedang merasa bersemangat. Namun ini juga dapat berarti kucing merasa stress, cepat dan tidak aman.

4. Ekor lurus dan kaku

Saat kucing sudah berjongkok dan siap menerkam, ekornya akan lurus keluar dan kaku. Ekor ini digunakan kucing untuk menjaga keseimbangannya saat melakukan gerakan melompat atau berbelok secara tiba-tiba.

5. Mengayunkan Ekor

Ekor yang diayunkan atau desir dari sisi ke sisi menunjukkan kegembiraan dan kontemplasi atau kucing sedang merenung.

Ini juga bisa berarti kucing sedang fokus, seperti saat mengamati burung di luar jendela. Selain itu gerakan ekor ini juga mengisyaratkan iritasi awal atau kucing sedang kesakitan.

6. Ekor yang tersembunyi diantara kedua kaki

Saat ekor kucing terselip atau disembunyikan diantara dua kaki belakang, ini bisa menjadi pertanda kucing sedang takut. Kucing juga melakukan ini saat ia sedang sakit dan tubuhnya lemah.

7. Melingkarkan ekor ke pemiliknya

Jika kucing mulai melingkarkan ekor atay menyeret ekornya di sekitar pemiliknya, ini menjadi tanda ia sedang menunjukkan kasih sayang. Pada manusia, gesture ini sama dengan bergandengan tangan atau merangkul seseorang.

8. Bulu ekor mengembang

Jika bulu di ekor kucing Anda mengembang dan tubuhnya melengkung seperti siluet pada kucing hallowen, ini berarti kucing sedang merasa kaget. Gesture ekor ini juga dilakukan kucing saat ia merasa ketakutan.

9. Ekor membentuk tanda tanya

Ketika ujung ekor kucing membentuk tanda tanya, itu berarti dia sedang senang atau sedang dalam suasana hati yang baik. Ini juga merupakan cara kucing yang saling berteman menyapa satu sama lain.

10. Mengetuk ekor ke lantai

Saat kucing sedang duduk di lantai lalu mengetukkan ekornya, ini berarti ia sedang merasa kesal. Perasaan ini timbul saat ia sedang lapar atau ada kebisingan disekitarnya saat ia mencoba untuk tidur.

11. Menurunkan ekor

Semakin turun ekor kucing, semakin buruk juga perasaan yang sedang ia alami. Ini bisa menjadi tanda kucing sakit, stress, takut atau sedang dalam suasanya hati yang buruk.

 

source : kompas.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *