7 penyakit yang sering serang kucingmu saat musim hujan

Musim penghujan merupakan musim yang cukup berat bagi penghobi kucing. Kucing, terutama ras impor, rentan terserang berbagai macam penyakit. Musim penghujan memiliki karakteristik curah hujan yang cukup tinggi terutama di negara tropis seperti Indonesia. Musim penghujan pun memiliki kelembapan (relative humidity) yang cukup tinggi sehingga memberikan masalah terhadap kondisi tubuh terutama kulit.

Bagi kamu yang punya kucing kesayangan patut waspada karena penyakit-penyakit kucing di musim hujan bisa mengintai kucingmu. Nah, sebelum kamu bingung, berikut ini adalah penyakit-penyakit yang mengintai kucing di musim hujan yang baiknya kamu waspadai,

1. Demam

Sama seperti halnya manusia, kucing pun dapat demam juga. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan udara dan imun kucing itu sendiri. Ciri-ciri kucing yang demam antara lain, murung atau menjadi pendiam, tidak aktif atau tidak lincah seperti biasa, tidak mau makan, lemah dan lebih sering tidur dengan posisi mendekam, badannya panas, matanya berair, dan terkadang menggigil.

2. Cat flu

Penyakit ini termasuk penyakit yang mewabah dan cukup mematikan buat kucing, karena penyakit ini cepat menular dan cepat menimbulkan kematian, terutama pada bayi kucing. Hampir 90% kucing kurang dari usia sebulan mati karena terkena flu kucing ini.

3. Penyakit kulit

Penyakit kulit ini sering kali muncul dikarenakan adanya kelembapan udara pada kulit kucing, sehingga menimbulkan jamur kulit, jamur kulit ini dapat menimbulkan iritasi pada bulu kucing kamu sehingga menimbulkan kerontokan dan luka.

4. Penyakit saluran pernapasan

Penyakit saluran pernapasan yang terjadi pada kucing saat musim penghujan dikarenakan imunitas atau daya tahan tubuh yang menurun. Penyakit saluran pernapasan ini dapat diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Kucing maupun anjing yang tidak divaksinasi akan lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan oleh virus.

5. Penyakit saluran pencernaan

Daya tahan tubuh yang menurun saat musim penghujan dapat mengganggu saluran pencernaan. Infeksi saluran pencernaan dapat diakibatkan oleh bakteri maupun virus. Biasanya, gejala yang dialami saat kucing terkena penyakit saluran pencernaan ini adalah diare.

6. Leptospirosis

Leptospirosis tidak hanya menjadi kasus penyakit untuk manusia. Namun, kucing pun dapat tertular leptospirosis yang akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Leptospirosis ini bersifat zoonosis sehingga manusia dapat tertular. Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Bakteri ini sangat senang berenang di genangan air terutama saat hujan.

7. Distemper

Penyakit ini akan memiliki keberhasilan tinggi untuk sembuh jika kamu langsung menyadari di awal bahwa kucingmu mengalami perbedaan. Jika kucing sudah menunjukkan muntah dan pada musim hujan, segera tangani dengan membawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan.