9 Ciri Penyakit Ginjal pada Kucing dan Cara Mengatasinya

credit : pexels.com

Penyakit ginjal pada kucing terjadi ketika fungsi ginjal kucing menurun. Tepatnya ketika ginjal kucing tidak mampu lagi menyaring dan menghilangkan produk limbah dari aliran darah, menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, dan hormon pengontrol tekanan darah.

Bagaimana ciri penyakit ginjal pada kucing yang bisa diamati pemilik? Melansir dari Animal Trust, ciri penyakit ginjal pada kucing bisa diamati dari produksi urin, nafsu makan, berat badan, hingga tingkat keparahan dehidrasinya.

Kucing dikatakan mengalami penyakit ginjal kronis bila ginjal tidak berfungsi normal selama lebih dari tiga bulan. Penyakit ginjal pada kucing rentan dialami kucing yang berusia 7 tahun ke atas. Berikut ini mari ulas ciri penyakit ginjal pada kucing dan cara mengatasinya.

Penyakit ginjal yang dialami oleh kucing bisa menunjukkan beberapa ciri atau gejala, pemilik wajib mengetahuinya. Meski sebenarnya, ciri penyakit ginjal pada kucing baru bisa diketahui saat fungsi ginjal benar-benar menurun.

Ini ciri penyakit ginjal pada kucing tahap awal yang dipaparkan oleh Animal Trust:

  1. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika produksi urinnya meningkat.
  2. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika nafsu makannya mulai berkurang padahal sebelumnya baik-baik saja.
  3. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika terjadi penurunan berat badan secara bertahap karena nafsu makan yang buruk dan hilangnya protein dalam urin kucing.
  4. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika kucing mulai mengalami muntah karena penumpukan racun dalam sistem kerja ginjalnya
  5. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika kucing mulai mengalami kelesuan atau lebih banyak tidur dibanding bermain atau berburu seperti biasanya.
  6. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika mengalami kelemahan karena pemborosan otot, anemia, dan kalium darah rendah.
  7. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika kucing mulai sering mengalami dehidrasi karena kehilangan air yang berlebihan ke dalam urin.
  8. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika kucing memiliki bau mulut tak sedap (halitosis) karena penumpukan racun dan ulserasi mulut dan lambung.
  9. Ciri penyakit ginjal pada kucing adalah ketika ia merasakan rasa haus yang meningkat.

 

Pemilik juga wajib tahu ciri penyakit ginjal pada kucing ketika sudah memasuki tahap akhir atau stadium akhir. Animal Trust menjelaskan ciri penyakit ginjal pada kucing stadium awal terlihat ketika kucing mulai atau kentara merasa tidak enak badan.

Kucing akan merasakan tubuhnya terus menerus sakit, dehidrasi, dan lemah. Rasa sakit akibat penyakit ginjal pada kucing juga semakin terasa akibat ulserasi pada mulut dan lapisan perut. Akan terjadi penumpukan racun yang menyebabkan sakit kepala, kebutaan, dan akhirnya pingsan.

Gagal ginjal akut pada kucing membuat hewan berkumis ini mengalami pembengkakan pada ginjal, pingsan, hingga menangis terus menerus. Animal Trust menjelaskan ciri gagal ginjal akut pada kucing, meliputi:

  1. Anoreksia mendadak (tidak makan).
  2. Muntah (terkadang disertai darah).
  3. Diare.
  4. Napas berbau aneh.
  5. Kejang.
  6. Beberapa kucing mungkin buang air kecil lebih banyak dari biasanya, sementara yang lain mungkin tidak mengeluarkan air seni sama sekali.

 

source : liputan6.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *