Bahaya Kucing Makan Nasi yang Harus Diketahui

Apa yang anda ketahui tentang seekor kucing? Lucu, geli, gemas, malang atau justru sebal? Tentunya banyak sekali hal-hal yang di miliki oleh setiap orang mengenai hewan berkumis yang satu ini. Beberapa orang mungkin tidak menyukainya, namun sebagian orang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan. Nah, bagi anda sendiri yang penyuka kucing perlu di ketahui akan Bahaya Kucing Makan Nasi. Mungkin anda bertanya-tanya mengapa nasi menjadi makanan berbahaya untuk kucing, sementara sebagian orang telah memberikannya. Terlebih lagi untuk kucing ras kampung.

Tak jarang orang yang memelihara kucing memberikan pakan berupa nasi untuk kucing, dan faktanya tak membuat kucing mati selama tidak adanya racun atau obat pembunuh lainnya. Akan tetapi, yang di maksud berbahaya disini bukan selalu identik dengan mati namun menyebabkan masalah lainnya entah dalam jangka waktu lama atau pendek. Oleh karena itu artikel ini akan membantu mengulas beberapa bahaya pada nasi yang di berikan untuk kucing, sehingga lebih awal pula anda bisa segera memberikan pengganti nasi atau pakan yang lebih baik untuk menunjang kesehatan kedepan

Tidak semua orang penyuka kucing akan memberikan perlakuan yang sama untuk piaraanya tersebut. Terdapat orang yang tidak mempedulikan jenis ras apa kucing yang di miliki namun tetap memberikan makan nasi atau yang lainnya dengan tujuan agar kucing selalu gemuk dan segar. Tetapi ada pula orang yang sangat memperhatikan masalah ini, mulai dari pemberian pakan dan minum yang harus benar-benar sesuai seperti ras bulu tebal meliputi anggora, persia, maincoon yang di berikan pakan tuna. Lalu untuk minumannya sendiri akan di berikan susu khusus kucing.

Bagi anda, akan ada baiknya memperhatikan kucing dari segi apapun terutama dari segi gizi. Nah, gizi inilah yang di peroleh dari sumber pakan dan minum yang anda berikan. Tidak sekedar kenyang dan gemuk, anda harus tahu apakah nasi mempunyai banyak kandungan gizi untuk kucing anda. Semua itu harus anda perhatikan dengan jeli, dan disamping itu berikan pula nutrisi tambahan untuk kucing dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

7 Macam Bahaya Kucing Makan Nasi

1. Muntah

Salah satu Bahaya Kucing Makan Nasi yakni muntah, hal ini seperti yang pernah di paparkan oleh seorang dokter hewan yang mengatakan bahwa pemberian nasi dapat membuat kucing muntah lantaran hal itu tidak bisa dicerna dalam sistem pencernaan hewan tersebut.

Perlu Anda ketahui juga bahwa nutrisi utama kucing itu adalah protein dan bukannya karbohidrat. Sehingga akankah sebaiknya kucing diberi makanan khusus seperti tuna yang kini sudah banyak di pasarkan dalam produk khusus makanan kucing.

2. Sakit Perut

Makanan yang tidak cocok namun tetap diberikan pada kucing akan membuatnya sakit perut. Karena pencernaan yang di lakukan sudah jelas kurang tepat akibat makanan yang di konsumsi. Oleh karena itu anda tidak perlu kaget mengapa kebanyakan kucing selalu sakit perut ketika diberikan pakan nasi.

3. Mudah Cacingan

Efek samping dari sakit perut itu sendiri, kucing dengan mudah akan terserang cacing. Nah, parahnya lagi cacing tersebut bukan dengan jenis biasa melainkan cacing pita. Anda tentu sudah mengenal cukup seperti apa cacing tersebut. Cacing pita menjadi jenis cacing paling berbahaya, dan tak mudah mati. Inilah Bahaya Kucing Makan Nasi yang harus di hindari.

4. Kurangnya Nutrisi

Seperti yang sudah di sampaikan di atas bahwa makanan utama kucing bukan karbohidrat melainkan protein. Jadi anda bisa memberikan ikan tuna, kakap, salmon dan lain sebagainya entah berupa produk olahan pabrik atau masih mentah dan di masak sendiri. Kurang nutrisi pasti akan di rasakan kucing yang di beri makan berupa nasi. Sebaiknya kurangi atau hindarilah pemberian pakan nasi untuk kucing.

5. Obesitas

Bagi manusia, kebutuhan seperti karbohidrat sangatlah penting untuk membantu membangkitkan energi dan stamina. Sayangnya hal itu berbeda sekali dengan kucing, pasalnya manusia selalu menghasilkan keringat hasil pembakaran karbo yang telah di konsumsi. Sementara kucing tidak melakukan aktivitas selayaknya manusia sehingga lebih mudah atau lebih cepat gemuk. Jika di biarkan hal itu mampu menimbulkan kucing mengalami obesitas.

6. Mudah Sakit

Seringnya anda memberikan nasi pada kucing, justru hal itu akan mempermudah sakit. Serangan penyakit datang lantaran kurangnya gizi. Jika anda memberikan nasi tanpa adanya gizi penunjang lain maka kucing akan mudah sakit.

7. Kurang Cerdas

Bedakan mana kucing cerdas dan tidak, lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Tentu saja bisa, selain aktif melatih anda juga harus pintar dalam memilihkan pakan untuk kucing. Berikanlah pakan secara bervariatif, dan sebaiknya jangan nasi karena akan mempersulit kucing untuk cerdas.

Itulah Bahaya Kucing Makan Nasi yang harus Anda ketahui sehingga mulai sekarang bisa mencoba untuk mengindarkan Nasi dari Kucing kesayangan. Semoga bermanfaat.