Benjolan pada Leher Kucing

Kucing termasuk hewan yang diminati oleh banyak orang tapi rawan terkena penyakit. Banyaknya virus/bakteri menjadi penyebab utama sering terkena penyakit.

Beberapa penyakit mudah menjangkiti kucing, salah satunya adalah benjolan di leher, atau lebih terkenal dengan sebutan abses. Penyakit abses dapat menyerang semua bagian tubuh kucing, karena infeksinya bersarang dibagian jaringan bawah kulit.

Bengkak dibagian leher atau telinga tidak hanya menyerang kucing, tapi bisa menginfeksi berbagai macam hewan peliharaan lainnya, mulai dari anjing sampai hewan besar seperti kuda dan sapi.

Penyebab Benjolan pada Leher Kucing

Kucing sangat aktif berlarian di sekitar rumah dan sangat suka menggosok-gosokkan tubuhnya pada sesuatu bahkan kebenda tajam sekalipun. Bagian tubuh yang terluka akan meninggalkan infeksi dan nantinya berkembang menjadi abses.

Bagian tubuh yang sering terkena disekitar muka dan leher, ciri kucing terkena infeksi abses ditandai warna kulit memerah dan mengeluarkan nanah serta terdapat benjolan sebesar kelereng. berikut ini merupakan penyebab benjolan pada leher kucing :

Perawatan luka yang terlambat
Terdapat benda yang tertinggal di luka bagian leher
Kucing terkena tumor

Cara terbaik untuk mengobati benjolan adalah dengan mendatangi dokter hewan terdekat. Sebaiknya tak perlu menebak-nebak jenis obat dan tindakan medis sendiri. selain berbahaya bagi hewan kesayangan Anda, juga bisa berakhir pada penyesalan Anda sebagai pemilik, jika ternyata tindakan Anda keliru

sumber:dokterhewan.co.id