Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas

Berikut ada beberapa cara mengobati kucing lemas, yaitu sebagai berikut:

Sediakan air minum bersih

Kucing yang lemah karena muntah atau diare cenderung mengering. Ini disebabkan oleh jumlah cairan yang bocor dari tubuhnya. Jadi beri kucing cantik minum air bersih. Ganti air minum dengan air baru sebanyak mungkin karena ada kekhawatiran bahwa masih ada virus atau bakteri dalam air minum lama. Jika Anda minum cukup air, pencernaan kucing akan segera pulih.

Berikan multivitamin

Anda juga bisa menambahkan multivitamin ke dalam makanan. Tujuannya untuk meningkatkan kekuatan fisik sehingga tubuh kucing menjadi segar kembali. Dengan memberikan multivitamin, tubuh kucing juga dapat dilindungi dari virus yang dapat menyebabkan tercekiknya kucing.

Goda dia untuk bermain

Kucing Anda bisa terlihat lemas karena malas dan tidak ingin bermain. Ini sering terjadi ketika kucing kesayangan Anda sedang hamil. Dalam hal ini, Anda tidak harus memaksanya bermain gesit seperti biasa. Biarkan dia malas sementara dia masih ingin makan dan minum seperti biasa.

Hangatkan tempat tidur

Kucing dengan kelemahan juga bisa disebabkan oleh penurunan suhu tubuh. Jika Anda tidak mencentang kotaknya, kucing Anda mungkin mengalami hipotermia. Untuk membantunya, Anda dapat menghangatkan tempat tidurnya dengan meletakkan handuk kering di tempat tidurnya, misalnya. Anda juga bisa menggunakan lampu pijar di bawah 15 watt untuk menghangatkan tempat tidur kucing.

Beri makan susu kucing

Susu kucing khusus mengandung taurin dan berbagai nutrisi penting lainnya yang dapat diberikan kucing saat lembek. Anda bisa memberinya makan dengan sendok kecil, sedotan atau jarum suntik (injeksi tanpa jarum). Jika kucing kesayangan Anda, termasuk kucing yang suka susu, ia akan dapat minum dengan antusias. Tentu saja, ini akan menambah energi dan mempercepat penyembuhan.

Berikan bubur beras merah

Anda juga bisa langsung memberikan bubur beras merah yang dijual di warung atau supermarket. Bubur beras merah juga sangat bergizi dan dapat membantu kucing menguatkan tubuh mereka terhadap penyakit yang menyerang mereka.

Berikan makanan kering

Untuk memfasilitasi nutrisi makanan kering, Anda bisa mencacinya dan mencampurnya dengan sedikit air hangat. Tunggu sampai dingin, kemudian beri makanan ke mulut kucing favorit Anda. Asupan makanan yang cukup adalah salah satu cara untuk mengobati kucing dengan kelemahan.

Berikan ORS

Jika kucing Anda mengalami diare atau muntah, Anda juga bisa memberinya ORS. Anda bisa membuat OR sendiri dengan mencampur gula dan garam lalu mengencerkannya dengan air. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan gula merah sebagai pengganti gula pasir biasa. Seperti halnya manusia, pemberian cairan oralit pada kucing dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan kucing dan mencegah dehidrasi.

Beri minum air kelapa muda

Mirip dengan ORS, air kelapa muda dapat mencegah kucing kesayangan Anda mengering. Air kelapa muda mengandung elektrolit tubuh sendiri yang membuat tubuh segar. Tampaknya ini berlaku tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk kucing.

Tambahkan kuning telur ke dalam makanan

Kuning telur dikenal kaya nutrisi dan tinggi protein, yang baik untuk tubuh. Dengan menambahkan kuning telur ke makanan kucing, tubuh kucing menjadi lebih kuat dan tidak lagi lemah. Pastikan Anda memberikan kuning telur rebus dengan mengukus kuning telur dan mencampurnya dengan makanan kucing.

Tambahkan makanan mentah

Kucing rumahan bisa terlihat sakit dan lemah karena mereka kurang gizi dan tidak makan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambah asupan makanan mentah yang tinggi protein. Misalnya ayam, ikan, minyak zaitun dan lainnya. Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil dan campur dengan makanan khusus kucing yang biasanya Anda berikan kepada kucing Anda.

Berikan obat cacing

Kucing juga bisa terlihat sakit karena cacing. Ini cukup umum pada kucing yang masih anak kucing atau bayi. Tertatih-tatih karena cacingan adalah alami, karena cacing di perut pasti menyerap nutrisi dalam tubuh kucing, sehingga kucing kekurangan makanan untuk dirinya sendiri. Jika ini sebenarnya penyebab kelemahan kucing Anda, berikan obat cacing kucing yang mudah Anda dapatkan di petshop.

Jangan memberi obat kepada manusia

Jumlah obat pada manusia bisa tidak tepat dan bahkan berbahaya bagi kehidupan kucing. Jika kucing Anda tidak benar-benar membaik setelah menambahkan makanan tambahan dan oralit, Anda perlu saran dari dokter yang berpengalaman.

Bawa ke dokter hewan

Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, pemberian produk obat manusia untuk kucing tidak dianjurkan. Alih-alih menjadi lebih baik, kucing Anda mungkin diracun. Jadi, Anda perlu membawa kucing Anda ke dokter agar kucing kesayangan Anda bisa mendapatkan pemeriksaan lebih dekat. Selain itu, dokter akan belajar lebih banyak tentang obat yang harus diberikan kucing kesayangan Anda.

Bersihkan kandang

Anda juga perlu memastikan drum kucing Anda bersih. Jika kucing Anda muntah, segera bersihkan muntahnya dan bersihkan. Coba juga semprotkan bekas muntah dengan cairan desinfektan. Ini akan mencegah penyakit kucing Anda memburuk atau menyebar ke kucing lain.