Jenis Buah dan Sayuran yang Baik dan Boleh Dimakan Oleh Kucing

Hai onty dan ongkel!! Si anabul kesayangan memang tak pernah membuat kita bosan untuk selalu memanjakannya. Salah satu cara kita memanjakan kucing adalah dengan memberi makanan yang disukainya. Ikan, daging dan sereal untuk kucing sih sudah biasa. Tapi tahukah kalian bahwa kucing sebagai hewan karnivora juga bisa makan sayuran dan buah loh, dengan catatan beri sedikit saja porsi buah dan sayurannya ya untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Nah penasaran kan? Berikut ini beberapa jenis sayuran dan buah yang aman untuk dikonsumsi oleh kucing:

1. Labu

Labu kuning ternyata sangat baik untuk pencernaan kucing. Walaupun kucing tidak sepenuhnya suka sayur dan buah, namun kucing juga bisa makan labu. Cukup rebus labu atau dikukus tanpa menambahkan garam atau bumbu tambahan lainnya. Labu mengandung bakteri yang jika dimakan bisa membantu menormalkan lambung kucing dan meredakan konstipasi atau diare. Cukup beri 2 sendok teh saja. Jika masalah pencernaan kucing kesayangan belum juga berkurang , segera periksakan anabul ke dokter ya

2. Brokoli

Brokoli kukus bisa jadi pilihan untuk mengalihkan kucing dari kebiasaaan mengunyah tanaman liar yang mungkin saja beracun. Kandungan antioksidannya juga baik untuk menambah nutrisi kucing dan juga baik untuk diet. Walaupun sayuran yang satu ini juga mengandung serat yang bisa jadi membahayakan sistem pencernaan hewan karnivora ini. Tapi dengan tidak menambahkan garam atau bumbu tambahan ke dalam brokoli rebus, bisa menghindarkan kucing dari gangguan pencernaan.

3. Wortel

Wortel kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Cukup rebus wortel lalu potong kecil-kecil sehingga mudah dikonsumsi dan agar kucing tidak tersedak. Kandungan beta-carotene nya sangat baik untuk kesehatan karena membantu pertumbuhan sel tubuh mamalia.

4. Jahe

Jika kucing sakit perut, coba beri makanan yang sudah dicampuri sedikit jahe. Namun kebanyakan kucing tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh jahe.

5. Pisang

Buah yang kaya vitamin ini juga disukai oleh kucing. Namun cukup berikan sedikit saja ya tingkel 🙂

6. Apel

Siapa sih yang gak suka apel, eitss kucing juga suka apel loh. Jangan lupa potong potong apelnya terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh kucing. Wah ada temen nyemil nih..

7. Blewah

Sama seperti labu, buah ini juga baik untuk kesehatan pencernaan si hewan kesayangan.

8. Semangka

Beri semangka tanpa biji ya agar kucing tidak tersedak

9. Mentimun

Mentimun tanpa biji dan mentimun Jepang juga disukai kucing loh. Dan yang pasti aman untuk dimakan.

10. Ubi

Terlebih dahulu buang kulit ubi dan potong kecil kecil agar mudah dimakan ya

Nah itu semua adalah beberapa jenis sayuran dan buah yang boleh dimakan oleh kucing. Tapi ingat ya, cukup berikan sedikit saja dan jangan terlalu sering, juga tanpa tambahan bumbu bumbu lain ya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh si kucing.