Kaki Kucing Bengkak, Penyebab dan Cara Merawat

Kaki kucing dapat bengkak atau menjadi lebih besar dari keadaan normal mereka jika Anda serius memperhatikan dengan teliti. Membesarnya bagian kaki peliharaan ini bisa disebabkan banyak faktor yang menjadi pemicu utama.

Kaki Kucing Bengkak, Penyebab dan Cara Merawat
Keadaan kaki kucing mulai membengkak sering tak diketahui pemiliknya mengingat organ berjalan sering tertutup mantel bulu cukup tebal. Umumnya sering terjadi pada ras kucing bulu panjang seperti kucing Persia dan kucing mixdome sejenisnya.

Penyebab kaki kucing bengkak

Sulit mengatakan pembengkakan kaki kucing disebabkan faktor utama tertentu sebelum diperiksa ke dokter hewan terdekat. Namun beberapa sumber yang rentan menyebabkan kaki mereka bengkak, diantaranya:

1 .infeksi bakteri, jamur atau kuman
2 .kemasukan benda asing
3 .gangguan bawaan atau lingkungan menyebabkan 4 .sirkulasi area kaki tak normal
5 .masalah kesehatan autoimun pada bantalan
kaki
6 .kanker
7 .kaki tulang patah
8 .gangguan persendian kaki
mengalami cedera

Untuk perawatan masing-masing penyebab bengkak di bagian kaki kucing diatas, tentu berbeda dan memerlukan bantuan tenaga ahli seperti dokter hewan untuk memberi diagnosa.

Kaki kucing bengkak jika kanker
Penyakit kanker bisa menyebabkan kaki kucing menjadi bengkak. Selain kanker, beberapa penyakit lainnya seperti diabetes, gangguan ginjal dan sebab lain.

Pengaruh bantalan kaki tidak normal
Faktor penyebab lain yang membuat kaki kucing bengkak adalah bantalan kaki mereka. Pecinta hewan kucing paham bahwa mereka salah satu makhluk yang senang di alam bebas sehingga sulit dikekang dalam rumah.

Kucing yang dirawat di dalam lingkungan rumah sangat kecil bermasalah dengan bantalan kaki meski bukan berarti tidak mungkin terjadi pada mereka.

Kaki kucing bengkak akibat kuku terlalu panjang
Kucing hewan yang terbiasa merawat diri sendiri dengan menjilati mantel bulu. Sama halnya kuku mereka yang terlalu panjang dan upaya memperpendek lewat mengunyah dan mengigit.

Cara merawat kucing yang tepat adalah menjaga panjang kuku tetap ideal dengan memotong tiap periode tertentu. Kuku yang panjang berlebihan, dapat melengkung dan akhirnya menusuk bantalan kaki.

Beberapa penyebab lain yang bisa membuat kaki kucing bengkak, kemungkinan disengat serangga sejenis semut merah di lingkungan tertentu.

Sengatan serangga yang memiliki bisa kuat, selain membuat kaki bengkak bisa juga menjadi demam, lesu hingga mengalami muntah.

Cara Merawat Kaki Kucing Bengkak

Cara merawat kaki kucing bengkak yang paling baik adalah membawa mereka ke dokter hewan untuk diperiksa secara medis. Namun beberapa kondisi khusus yang tidak memungkinkan membawa peliharaan ke dokter hewan, Anda bisa melakukan perawatan sementara untuk mereka.

Perawatan sementara mengatasi nyeri dan sakit saat bengkak, yakni menggunakan air campuran garam Epsom. Rendam bagian kaki dan semoga bisa meredakan bengkak mereka.