Mengenal Kucing Caracal, Si Pemburu Tangguh dengan Telinga Unik

Credit : pixabay.com

 

Kucing caracal (Caracal caracal) hidup tersebar di Asia Barat, Asia Selatan dan Afrika. Kucing ini memiliki karakter penjelajah dan pemburu tangguh.

Melansir Africa Freak, kata caracal berasal dari bahasa Turki “karakulak” yang artinya telinga hitam. Ada banyak sebutan untuk kucing caracal seperti Lynx Persia atau Lynx Mesir.

Kucing ini memiliki kekerabatan erat dengan jenis kucing emas dan serval. Meski secara taksonomi diklasifikasikan sebagai kucing kecil, namun caracal adalah spesies kucing terberat dari kategori kucing kecil.

Caracal memiliki bobot antara 13-18 kilogram untuk kucing jantan dengan panjang tubuh 1 meter. Kucing ini memiliki ekor pendek namun berkaki panjang sehingga penampilannya tampak ramping.

Karakteristik paling menonjol dari kucing caracal adalah bentuk telinganya lebar meruncing berwarna hitam. Bagian luar telinga caracal muda juga berwarna hitam dan akan berubah setelah dewasa.

Telinga kucing caracal sangat unik dan istimewa karena bagian ini digunakan sebagai alat komunikasi dan mencari mangsa. Telinga kucing caracal bahkan bisa berputar ke segala arah yang dikendalikan 29 otot berbeda.

Selain telinga, warna bulu kucing caracal sangat eksotis yaitu perpaduan coklat dan hitam. Meski berbulu pendek, penampilan menarik kucing ini ditunjang dengan telinga yang dihiasi bulu berumbai dan selalu terlihat waspada.

Sebagai pemburu tangguh, kucing caracal memiliki tingkat kewaspadaan tinggi yang ditandai dengan adanya rambut-rambut kaku di antara bantalan kaki. Ini memungkinkan caracal berjalan di atas pasir lembut tanpa suara saat berburu mangsa.

Habitat caracal sejatinya adalah stepa kering dan semi gurun. Meski tetap bisa hidup di padang rumput maupun hutan belukar, umumnya kucing ini lebih memiliki daerah terbuka namun masih memiliki penutup seperti semak-semak dan bebatuan sehingga memudahkannya menyergap mangsa.

Kucing caracal adalah karnivora oportunistik yang memangsa hewan apa saja seperti tikus, burung, bahkan mamalia kecil seperti monyet. Keterampilan berburu yang menakjubkan kucing caracal adalah saat berburu burung. Bahkan kucing ini bisa menangkap burung yang sedang terbang rendah lebih dari satu ekor.

Ketangguhan caracal sebagai kucing pemburu dibantu kemampuannya memanjat dan melompat hingga 3 meter. Selain itu, kucing ini dapat bertahan tanpa minum dalam waktu cukup lama menyesuikan habitatnya di gurun pasir yang tandus. Kebutuhan cairan biasanya cukup diperoleh dari hewan yang dimangsanya

Di alam liar caracal dapat bertahan hidup hingga 12 tahun, sementara di penangkaran bahkan bisa mencapai 17 tahun. Hewan ini lebih aktif di malam hari ini cukup mudah dijinakkan dan sehingga tak heran di beberapa negara seperti India dan Iran, kucing caracal juga digunakan sebagai kucing pemburu.

 

source : sariagri.id
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *