Nutrisi yang Sangat Penting Untuk Kesehatan Kucing


Dua faktor penting yang harus terpenuhi supaya kucing peliharaan selalu sehat adalah kasih sayang dari sang pemilik, dan juga makanan yang kaya nutrisi sesuai kebutuhan si kucing. Untuk faktor yang pertama, tak diragukan lagi para pemilik kucing pasti melimpahkan kasih sayang pada kucing peliharaannya. Bentuk kasih sayang ini biasanya dilakukan pemilik dengan cara sering mengajak kucing peliharaannya bermain, mengelus-elus si kucing, maupun memberikannya makan secara rutin. Bagaimana dengan faktor yang kedua, yakni kebutuhan nutrisinya? Berbeda dengan manusia yang bisa memakan segala jenis makanan, kucing merupakan karnivora. Oleh karena itu, makanan yang baik untuk kita belum tentu baik untuk si meong.

Seringkali, dalam hal ini para pemilik kucing masih bingung dengan jenis makanan yang baik untuk kucing mereka. Terutama bagi mereka yang baru memelihara kucing untuk pertama kalinya. Apakah kamu juga mengalami hal serupa? Nah, untuk itu berikut terangkum informasi mengenai jenis nutrisi yang sebaiknya terpenuhi untuk si meong.

1. Protein

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang membutuhkan protein dalam jumlah yang besar. Bahkan dibandingkan manusia dan hewan peliharaan lain seperti anjing, kebutuhan protein pada kucing lebih besar. Jenis makanan mengandung protein yang dapat diberikan pemilik untuk kucing peliharaannya, antara lain ikan, daging, dan telur.

2. Mineral

Dalam tubuh kucing, mineral berperan dalam pembentukan enzim, sirkulasi oksigen, dan keseimbangan pH-nya. Beberapa mineral penting yang sebaiknya terkandung pada makanan si kucing, antara lain kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan mangan.

3. lemak

Selain berfungsi sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi untuk menjaga kulit dan bulu kucing supaya tetap sehat, mengilap, dan tidak rontok. Meski demikian, memberikan kucing dengan makanan yang mengandung lemak yang terlalu banyak juga tidak baik, karena dapat menyebabkannya mengalami kegemukan atau obesitas.

4. vitamin

Ada dua jenis vitamin yang dibutuhkan kucing, yakni vitamin yang larut dalam air (vitamin C dan vitamin B kompleks) dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, K). Vitamin-vitamin tersebut berperan dalam pertumbuhan dan metabolisme kucing.

5. Air

Kucing pada umumnya memang tidak terlalu banyak minum, tetapi kekurangan air dalam tubuhnya dapat menyebabkan kucing dehidrasi. Bagaimana cara mengetahui bahwa kebutuhan cairan yang satu ini terpenuhi? Salah satu caranya adalah dengan melihat bulunya. Jika terlihat rontok dan tak mengkilap, itu menandakan kucing peliharaanmu kekurangan air. Sediakanlah selalu air yang bersih dan terjangkau untuk diminum kucing. Selain itu, memberikan makanan kucing basah juga bisa memenuhi kebutuhan air untuk si kucing.