Penyebab Perut Kucing Kembung

Makhluk hidup selama masih mengonsumsi dan minum untuk mempertahankan hidup terkadang bisa menimbulkan yang tidak pernah dialami. Ketika perut kembung dan menjadi sakit, kucing termasuk hewan yang bisa mengalami hal yang sama.

Banyak alasan membuat kucing bisa mengalami perut kembung, pola makan yang tidak sehat hingga penyakit akibat gangguan pencernaan, umumnya respon sering terlihat pada mereka adalah muntah, diare, mencret dan mengeluarkan kentut.

Penyebab perut kucing kembung

Salah satu sumber utama membuat kucing perutnya kembung dari pengaruh makanan yang dimakan. Selama penyebab perut kucing kembung berlangsung kurang dari 1 hari dan kembali normal, biasanya tidak memiliki masalah yang mengkhawatirkan.

Berbeda saat hewan peliharaan tersebut mengalami masalah perut kembung yang tak pernah sembuh. Selain menyebabkan muntah dan diare, sebagian besar perlu diduga memiliki gangguan pencernaan dan kemungkinan jenis penyakit lain.

Masalah perut yang tidak diobati ketika terjadi pada hewan Anda, hal yang wajar jika Anda mulai memperhatikan apa yang mereka makan sehingga memicu respon yang kurang baik bagi pencernaan mereka.

Mengenali penyebab perut kucing kembung

Kucing satu dari beberapa jenis hewan yang terkadang senang memakan apa saja yang dinilainya baik untuk dimakan. Selain kebiasaan makan rumput hingga daun yang membuat mereka muntah, beberapa sebab lain membuat mereka muntah adalah menelan benda kecil yang tergeletak berserakan di ruangan rumah.

Saat majikan memperhatikan kebiasaan mereka senang menggigit tali dan barang sejenisnya, dapat menjadi masalah jika tertelan olehnya.

Faktor lain yang bisa membuat mereka kembung, diantaranya:

alergi
Kasus kucing alergi sangat jarang terjadi namun beberapa dari ras kucing bisa mengalami hal tersebut.

penyakit
kondisi perut kucing yang kembung dan sulit sembuh. Beberapa kemungkinan seperti infeksi yang diakibatkan parasit dan cacing dapat dialami mereka sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada usus pencernaannya.

Hewan peliharaan dapat mengalami maag seperti yang terjadi pada manusia karena telat makan.

Cara Perawatan

Cara perawatan kucing yang menderita sakit akibat perut kembung, disarankan memeriksakan mereka ke dokter hewan jika berlangsung lebih dari 1 hari.

Mereka pada umumnya menunjukkan kebiasaan yang berubah menjadi lebih pendiam, lesu, menolak makan dan kotoran yang keluar tidak normal.

Cara perawatan saat kucing memberikan respon muntah ketika berusaha mengeluarkan sisa makanan. Saat mereka muntah, usahakan menunda memberikan mereka makanan dan air sekitar 12 jam.

Untuk mendorong keluarnya sisa muntahan tersebut, mereka bisa diberikan air es yang biasanya akan dijilati secara otomatis.

Proses pengosongan 12 jam setelah selesai, berilah kucing makanan dan minuman yang lembek dan bersih.

Jika kucing sudah terbiasa makan pakan jenis kering, mungkin makanan jenis basah perlu diberikan sebagai alternatif karena lebih mudah dicerna mereka.

Akses kemudahan menjangkau air minum bagi kucing saat sakit juga perlu diperhatikan, dengan demikian lebih mudah untuk mendorong keluarnya penyebab perut kucing kembung menjadi lebih baik.

sumber:hewandankita.blogspot.com