Seperti Kita, Kucing Perlu Nutrisi

credit : (unsplash.com/abeerzaki)

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Mereka merupakan bagian tak terpisahkan di setiap rumah tangga pecinta kucing. Kucing bisa mandiri dan dianggap sebagai hewan peliharaan yang ideal untuk orang dengan gaya hidup yang sibuk. Sebagai “anggota hewan”, mereka membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik.

 

Makanan

Kucing harus diberi makan dengan nutrisi yang seimbang berkualitas dengan pakan meatbased (berbahan dasar daging). Karena kucing adalah karnivora. Terdapat banyak makanan kucing di pasaran, namun semua dapat dikategorikan ke dalam dua kategori besar, yaitu basah dan kering. Makanan basah segar sebaiknya di gantu setidaknya dua kali sehari dan makanan kerung setidaknya sekali sehari.

Jika kucing anda dikebiri (neuter), kebutuhan energinya dengan sendirinya juga bakal berkurang. Anda harus menyesuaikan pola makannya, agar sang kucing tidak mengalami obesitas. Makanan harus ditempatkan di lokasi dimana kucing merasa aman dan jauh dari mangkuk air mereka dan tempat sampah. Anda dapat membantu melepas energi yang dihasilkan dari makanan dengan mengajak mereka bermain atau berjalan – jalan keliling perumahan.

Jika mengadopsi kucing, perhatikan riwayat diet kucing dari pemilik sebelumnya. Sebelum anda membawa mereka pulang, pelajari juga pola makan mereka. Jika anda bermaksud mengganti makanan kucing anda, perkenalkan makanan baru secara bertahap selama seminggu atau lebih untuk menghindari sakit perut. Hindari untuk memberikan susu sapi kepada kucing anda, karena beberapa jenis kucing sangat sensitif terhadap laktosa.

 

Minuman

Kucing umumnya tidak perlu minum terlalu banyak setiap hari. Namun, selalu dipastikan agar air minum yang bersih segar tersedia setiap saat. Sebaiknya air ditempatkan jauh dari makanan mereka, ini untuk membiasakan agar kucing tidak makan dan minum di tempat yang sama.

Sekitar 70% tubuh kucing terdiri air, karenanya air sangat penting untuk bertahan hidup. Tanpa air, kucing akan sangat cepat dehidrasi dan dapat mengakibatkan kematian. Air juga sangat penting agar ginjal kucing dapat berfungsi normal dan saluran kemih menjadi sehat. Sejak berumur 8 minggu, kucing sudah dapat minum air.

 

Susu atau air?

Jawabannya adalah air. Tidak mesti air mineral atau isi ulang, jika air dirumah anda tidak berbau atau berwarna maka itu sudah cukup. Susu lebih dibutuhkan oleh anak kucing, terutama susu dari induknya. Namun, jika anak kucing tidak memperoleh ASI induknya, maka dapat diganti susu suplemen khusus untuk anak kucing.

 

source : ICA Magazine “Cat’s”
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *