5 Lokasi yang Dianjurkan untuk Menaruh Litter Box Kucing

Rasanya menyebalkan, jika litter box yang disiapkan justru tidak dipakai kucing. Bahkan, dia memilih untuk membuang air di sembarang tempat. Tentu melelahkan kalau setiap hari harus membersihkannya, kan?

Apakah kamu tahu jika sebenarnya penempatan litter box mempunyai peranan yang besar untuk menentukan kucing akan memakainya atau tidak. Padahal, kucing dikenal sebagai hewan yang sangat rewel, kalau dia tidak suka, maka kemungkinan digunakan sangatlah rendah. Jadi, pertimbangkan beberapa hal ini agar kucing mau menggunakan litter box yang kamu siapkan.

 

  1. Lokasi yang mudah dibersihkan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menaruh litter box adalah area yang mudah dibersihkan. Kucing adalah hewan yang suka menjaga kebersihannya. Jadi, wajar kalau dia cenderung nyaman memakai kotak pasir yang bersih. Oleh sebab itu, usahakan untuk membersihkannya setiap hari.

Jika kamu adalah orang yang super sibuk, mau tidak mau kamu perlu membeli litter box otomatis yang akan langsung membersihkan sendiri ‘tubuhnya’ setelah kucing buang air. Sayangnya, item yang satu ini cukup menguras kantong.

Jadi, solusi yang masuk akal ialah menaruh litter box di lokasi yang lapang, atau tidak terlalu sesak di sekitarnya. Setidaknya, kamu jadi lebih lega ketika harus berjongkok saat membersihkan litter box. Tambahkan juga keset di bawah atau di area masuk litter box sehingga kucing dapat mencakar kukunya yang kotor di keset. Selain itu, dengan keset, kamu jadi bisa lebih fokus membersihkan titik-titik kotor cakar si kucing.

 

  1. Pisahkan area makan dengan buang air

Jangan tempatkan area makan dan minum anabul dengan area buang air. Kucing sangat tidak suka makan di dekat tempat dia buang air besar. Bau tak sedap dari litter box dapat mengalahkan aroma makanan kucing sehingga nafsu makannya jadi berkurang.

Kalau dibiarkan terlalu lama, kucing rawan terkena masalah kesehatan, lho. Jadi, kamu tidak punya pilihan selain menaruh litter box berjauhan dengan makanan dan minumannya. Setidaknya, dua hal itu tidak ada di ruang yang sama, ya!

 

  1. Tempat dengan ventilasi yang baik

Ventilasi juga menjadi faktor penting dalam menempatkan litter box. Setidaknya, dengan aliran udara yang baik di dalam ruangan, bau tak sedap dari kotak pasir ini bisa diminimalkan. Tak hanya itu, ventilasi juga membuat bau busuk itu tidak menyebar ke ruangan lain di rumah.

Masalah bau ini juga bisa membuat kesehatan kucing terganggu, lho. Litter box yang jarang dibersihkan membuat amonia menumpuk. Kalau ini jadi, asap amonia yang beracun dapat keluar dari kotak pasir. Alhasil risiko gangguan perpanasan pada kucing dan manusia jadi tinggi, lho. Serem, kan?

 

  1. Tempat yang terang

Menaruh litter box di lokasi yang memberikan ventilasi dan pencahayaan yang cukup bisa menjadi pilihan, lho. Walaupun kucing mempunyai penglihatan malam yang sangat baik, tetapi dia masih merasa tidak nyaman saat memakai litter box di area gelap.

Pencahayaan buruk juga bisa meningkatkan risiko mood kucing menjadi buruk juga. Ini bisa berakibat kekacauan sehingga kucing dapat buang air sembarangan. Oleh sebab itu, sebaiknya pasang lampu di dekat litter box ketika ruang gelap.

 

  1. Tempat yang hening

Kucing lebih menyukai keheningan saat dia buang air. Menaruh litter box di area yang terlalu keras atau dekat dengan mesin yang bising bisa menghalangi dan menakuti untuk buang kotoran di tempat yang kamu siapkan.

Ketika memilih lokasi menaruh litter box, perhatikan baik-baik. Carilah lokasi yang berjauhan dengan peralatan yang bising serta jauh dari lokasi yang menimbulkan suara keras. Salah satu tempat yang bisa direkomendasikan adalah kamar mandi yang tenang dan terdapat aliran udara yang cukup kuat. Dan jangan lupa tambahkan keset di sekitar litter box agar kucing bisa membersihkan cakarnya sebelum bermain-main di rumah.

Ada baiknya menyediakan lebih dari satu litter box, ya. Beberapa kucing dikenal buang air besar dan kecil di kotak yang terpisah. Di samping itu, terdapat kucing yang tidak ingin berbagi litter box dengan kucing lainnya. Jadi, kalau kamu mempunyai lebih dari satu kucing, sebaiknya siapkan litter box lebih dari satu.

 

source : idntimes.com

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *