Merawat Kandang Kucing

Bagi sebagian orang memelihara kucing dalam kandang mungkin berarti melindungi mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan di luar kandang. Padahal, seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga butuh interaksi dengan dunia luar, termasuk manusia dan hewan peliharaan lainnya.

Itulah sebabnya, dalam memelihara kucing sebaiknya dilepas atau diumbar agar mereka bebas bermain, aktif bergerak dan dapat tumbuh secara alami. Jangan terlalu lama membiarkan kucing dalam kandang, tetapi dalam mengandangkan kucing anda harus perlu menyimak cara memelihara kucing dalam kandang.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk membersihkan kandang yang bisa di praktekkan dirumah.

Keluarkan semua box pasir dalam kandang dan bersihkan pasir yang tersisa. Bersihkan kandang setiap hari, paling tidak minimal satu hari sekali. Lebih bagus lagi semprotkan desinfektan setiap sisi kandang dan sikat jika ada kotoran menempel. Terlebih jika ukuran kandang kucing persia cukup besar, maka harus lebih diperhatikan lagi untuk membersihkannya.

Jemur kandang secara berkala. Manfaat dari menjemur kandang kucing adalah untuk membunuh semua bakteri yang menempel di kandang sehingga membersihkan kandang menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu lebih baik membersihkan kandang kucing dilakukan pada pagi hari. Idealnya setiap kucing poop harus segera dipersihkan agar kotoran tidak mengendap dan menyebabkan bau tidak sedap. Jika kotoran dibiarkan dengan tidak membersihkannya, dapat menimbulkan virus toxoplasma menyerang kucing kita.

Jika menggunakan pasir zeolit maka cukup cuci saja pasirnya. Saat membersihkan pasir zeolit jangan lupa untuk menambahkan desinfektan dan jika sudah jemur bersama dengan kandang supaya bakteri yang tersisa ikut mati. Selain itu memandikan kucing juga sama pentingnya sehingga kesehatan kucing kita bisa terjaga,  dengan cara ini dapat membuat kucing menjadi betah di kandang.

 

Source : ICA Magazine “Cat’s”

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *