7 Cara Membuat Kucing Peliharaan Tetap Nyaman Saat Cuaca Panas

Beberapa hari terakhir ini, sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta, mengalami cuaca sangat panas berkisar 33-36 derajat Celsius.

Cuaca yang sangat panas ini tidak hanya mempengaruhi kegiatan manusia, tetapi juga hewan peliharaan seperti kucing.

Dilansir dari Metro Magazine Ukraine, kucing juga membutuhkan perawatan esktra untuk menghadapi cuaca panas dan mencegah risiko fatal.

Beberapa ahli membagikan cara membuat kucing tetap sejuk, bahagia, dan sehat di saat cuaca panas seperti berikut ini.

Jaga kucing agar tetap di dalam ruangan

Alison Richards, petugas veteriner pusat untuk Cats Protection atau Pusat Perlindungan Kucing di Inggris menyarankan menjaga kucing di dalam ruangan saat suhu sedang panas-panasnya. Dengan demikian, menjamin kucing terlindungi dari teriknya sinar matahari.

Berikan naungan

Jika tidak dapat memelihara kucing di dalam ruangan, pastikan  menyediakan banyak tempat berteduh di luar rumah untuk sahabat bulu dapat berlindung.

Anda bisa melakukan cara seperti membuka gudang, menambahkan beberapa tanaman ramah kucing, dan meletakkan kotak di taman sehingga kucing dapat masuk ketika merasakan cuaca yang lebih panas.

Sediakan banyak air

Kucing tidak bisa meminum banyak air sehingga perlu mengingatkannya. Pastikan selama gelombang panas menempatkan beberapa mangkuk air di sekitar rumah.

Pastikan juga mangkuk air tetap terisi penuh sehingga kucing pelihaaran tidak perlu membenamkan kepalanya ke dalam mangkuk.

Mangkuk kaca, keramik, atau logam akan lebih baik daripada plastik yang dapat mencemari rasa air. Jika kucing berada di luar ruangan pada siang hari, letakkan semangkuk air di tempat teduh di luar ruangan.

Nyalakan kipas angin di dekat kucing

Berada di dalam ruangan sepanjang hari saat cuaca panas tentu juga bisa membuat kucing  kepanasan dan kelelahan.

Untuk itu, nyalakan kipas angin di area kucing berada. Pastikan kucing peliharaan menikmati angin sepoi-sepoi tersebut.

Jangan membuat kucing terlalu bersemangat

Bermain dengan kucing peliharaan selalu menyenangkan, terutama jika sahabat bulu sedang dalam suasana hati yang baik.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu memaksakan kucing bermain saat cuaca yang sedang panas. Pasalnya, kucing yang terus aktif saat cuaca sangat panas dapat membuat  cepat lelah dan dehidrasi. Sebaliknya, dorong pendekatan yang lebih santai.

Biarkan kucing bermain dengan es batu

Seorang juru bicara dari The Mayhew Animal Home—Badan Amal Kesejahteraan Hewan—merekomendasikan memberikan kucing beberapa es batu untuk dimainkan.

Kucing bisa memainkannya es batu sambil menjilatnya dan tetap tenang. Namun, pastikan lantai rumah tidak mengalami masalah bisa terkena air atau dalam keadaan basah.

Sediakan handuk basah untuk beristirahat

Saat cuaca panas, sulit bagi kucing untuk tidur dengan nyaman. Kucing menginginkan  kenyamanan dari selimut dan bantal, tetapi tanpa kehangatan berlebihan.

Sebagai solusi, gunakan handuk basah untuk mendinginkan tubuh kucing peliharaan dan memberi kenyamanan.

 

Source : kompas.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *