7 Fakta Menarik tentang Kucing yang Wajib Diketahui Cat Lovers

Kucing adalah hewan menggemaskan yang banyak dipilih orang menjadi sahabat sekaligus hewan peliharaan. Tak sedikit, para pemilik rela menghabiskan waktu bersama kucing kesayangan mereka.

Namun tahukah Sobat Agri, ada beberapa fakta menarik tentang kucing, yang mungkin jarang diketahui orang. Mulai dari fungsi kumis mereka, hingga kemampuan luar biasa dari mata kucing.

credit : pexels.com

 

Berikut sejumlah fakta menarik tentang kucing yang wajib diketahui

1. Kucing memiliki tiga kelopak mata

Tidak seperti orang yang memiliki kelopak mata atas dan bawah, hewan ini memiliki kelopak mata ketiga ekstra. Melansir Facts2 Go, nama teknisnya adalah kutikula. Ini bergerak secara diagonal melintasi mata, dari sudut mata.

Kelopak mata ketiga ini bergerak lebih cepat dari dua kelopak mata lainnya dan lebih baik dalam menghilangkan kotoran dari mata. Jadi jika kucing berburu tikus, ia dapat menggunakan selaput untuk membersihkan mata tanpa benar-benar menutupnya.

2. Kucing bisa membuat sekitar 100 suara yang berbeda

Semua orang tahu kucing mengeong, tapi hewan ini bisa melakukan lebih dari sekadar mengeong. Faktanya, kebanyakan kucing dapat mengeluarkan lebih dari 100 suara yang berbeda, masing-masing dengan artinya sendiri.

Beberapa contoh adalah meniup, berkicau, mengeong, menggeram dan merengek. Ini adalah tugas sebagai pemilik untuk mendengar perbedaannya sehingga tahu apa yang coba dijelaskan oleh kucing kesayangan.

3. Kucing bisa melompat hingga enam kali tingginya

Kucing dewasa yang sehat memiliki kekuatan fisik untuk melompat enam kali tingginya. Beberapa bahkan lebih tinggi dari itu. Bundel otot mereka dibangun untuk kemampuan ini.

4. Mata kucing lebih baik dari mata manusia

Kucing tidak hanya memiliki mata yang indah dan besar, tetapi spektrumnya lebih besar dari manusia. Manusia memiliki bidang penglihatan sekitar 180 derajat, tetapi kucing memiliki bidang penglihatan hingga 200 derajat. Mereka juga dapat melihat lebih baik di lingkungan yang redup.

5. Telinga mereka juga lebih baik dari telinga manusia

Tepat di atas matanya yang tajam, kucing masih memiliki indera yang tajam dengan telinganya. Pada nada rendah, kucing dan manusia mendengar suara yang sama. Perbedaan besarnya adalah dalam spektrum treble yang dapat dilihat kucing.

Telinga kucing dapat membedakan suara hingga 64 kHz, yang lebih dari 1,5 oktaf lebih tinggi dari yang didengar, sehingga pendengaran mereka juga lebih baik daripada anjing.

6. Kucing menggunakan kumisnya untuk orientasi spasial

Kumis kucing sangat lucu, tetapi juga memiliki fungsi praktis. Kucing menggunakan bulu-bulu meraba-raba yang tumbuh di sekitar hidung dan kelopak mata mereka untuk menentukan lokasi dan ukuran objek yang tepat. Terutama dalam kegelapan, itu berguna ketika mereka diam-diam menyelinap mendekati mangsa.

7. Hidung kucing sama uniknya dengan sidik jari manusia

Fakta menarik tenang kucing lainnya adalah bahwa sidik hidung kucing itu unik, menyerupai sidik jari manusia. Lihat saja torehan, lekukan, dan bentuk hidung kucing kamu, selain indah mereka juga berbeda-beda untuk setiap kucing.

 

source : sariagri.id
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *