Chlamydophila felis

Chlamydophila felis adalah jenis bakteri yang menyebabkan konjungtivitis pada kucing dan anak kucing. Kucing Anda dapat divaksinasi terhadap chlamydophila felis atas saran dokter hewan.

Apa saja gejala chlamydophila felis?

Apabila kucing atau anak kucing Anda menderita konjungtivitis, mereka akan mengalami berbagai gejala. Anda harus selalu memperhatikan:

Keluar dan menumpuknya cairan di mata
Berkedip secara teratur dan berlebihan
Sering mengedipkan mata
Jaringan mata berwarna merah

Akankah konjungtivitis dikombinasikan dengan gejala lain?

Sering kali infeksi mata dalam bentuk konjungtivitis dikombinasikan dengan infeksi saluran pernapasan atas. Dikelompokkan bersama, penyakit ini disebut “flu kucing” dan disebabkan oleh beberapa infeksi berbeda.

Yang paling umum, ini termasuk feline herpesvirus-1 (FHV) and feline calcivirus (FCV), yang keduanya virus dan sangat umum pada populasi kucing.

Bakteri seperti bronchiseptica dan mycoplasma juga dapat berkontribusi.

Bagaimana flu kucing menyebar?

Flu kucing menyebar langsung antara kucing serta oleh orang yang membelainya dan tidak mencuci tangan. Flu kucing juga menyebar pada benda yang terkontaminasi dengan bersin atau air mata dan tidak dibersihkan dengan memadai – termasuk di sini mangkuk makanan, kandang, dan sikat.

Apa saja gejala lain dari flu kucing?

Gejala klinis flu kucing meliputi:

mata dan hidung mengalir
air liur berlebih
bersin
sariawan
radang gusi
sakit tenggorokan
kelenjar getah bening membesar

Akankah gejala flu kucing selalu terlihat?

Kucing atau anak kucing yang tidak menunjukkan tanda klinis atau gejala penyakit seperti flu kucing masih bisa menjadi pembawa beberapa virus termasuk feline calicivirus, feline herpesvirus, FeLV, dan chlamydophila felis.

Jika anak kucing Anda ada di dekat kucing lain, selalu berhati-hati. Ada kemungkinan kucing lain dalam populasi tersebut membawa virus tersebut di atas meskipun tampak sehat.

Jika demikian halnya, mereka berisiko bagi anggota komunitas lainnya, terutama anak kucing.

Dapatkah kucing saya divaksinasi terhadap chlamydophila felis dan konjungtivitis?

Kucing Anda dapat divaksinasi terhadap chlamydophila felis atas saran dokter hewan.

Kucing dan anak kucing divaksinasi secara rutin terhadap beberapa virus inti dan penyakit yang dapat bergabung menjadi flu kucing, namun tidak selalu termasuk chlamydophila felis.

Dokter hewan akan memberi tahu Anda apakah vaksin ini diperlukan.

Apa saja vaksinasi inti yang diberikan secara rutin kepada kucing?

Vaksinasi inti meliputi beberapa vaksin berikut:

Feline herpesvirus (fHV)
Feline calicivirus (FCV)
Feline panleukopenia virus (FPV)
Feline leukaemia virus (FeLV)

Vaksinasi untuk chlamydophila felis tidak diberikan secara rutin oleh dokter hewan tetapi akan sering direkomendasikan. Dokter hewan akan melihat gaya hidup anak kucing Anda, khususnya apakah mereka akan keluar ruangan dan berhubungan dengan kucing lain. Mereka kemudian akan membuat rencana dan jadwal vaksinasi yang direkomendasikan.

Jika anak kucing baru Anda kemungkinan berada di sekitar kucing lain, penting untuk berbicara dengan dokter hewan tentang memvaksinasinya terhadap semua penyebab flu kucing.

sumber:royalcanin