Ciri-Ciri Kucing Sehat

Catlovers pasti sedih jika kucing peliharaannya sakit. Untuk menghindari hal itu, tak ada salahnya catlovers selalu memeriksa kesehatan kucing berdasarkan tanda-tanda di tubuhnya. Berikut ini ciri-ciri kucing sehat.

Perut

Tidak kembung, tidak ada luka dan nyeri. Perut yang sehat juga terlalu peka jika dipegang.

Anus

Anusnya bersih tanpa noda dan kotoran. Pup keluar dengan lancar, tanpa sembelit, atau mencret.

Nafsu makan

Kucing yang sehat mempunyai nafsu makan baik dan tidak sering muntah. Berat tubuhnya proporsional untuk ukuran kucing dewasa. Adapun kitten atau kucing muda berat tubuhnya bertambah sesuai dengan pertumbuhan.

Napas

Napas kucing sehat terdengar datar dan tenang serta tanpa dengkur atau batuk.

Bulu

Tentu saja, semakin sehat kucing, semakin indah pula bulunya. Kategori bulu indah adalah bersih, terawat, licin, dan tidak rontok apalagi gundul.

Cakar

Kucing yang terawat baik kesehatannya, cakarnya tidak patah dan lapisan kukunya tidak rusak.

Tingkah laku

Tingkah laku kucing secara umum, jika tidak terdapat penyakit, adalah siaga walaupun dalam posisi istirahat, tanggap terhadap bunyi, dan lincah. Untuk hal terakhir, dikecualikan untuk beberapa ras kucing.

Telinga

Salah satu masalah penyakit yang sering timbul pada kucing terdapat di telinganya. Adapun ciri kucing dengan telinga sehat adalah siap menangkap bunyi, bebas kotoran, tidak iritasi, tidak menggaruk, atau menggelengkan kepala.

Mata

Mata juga merupakan bagian tubuh kucing yang rentan terhadap penyakit. Pastikan mata kucing bersih, tanpa bercak dan kotoran, kelopak mata tidak tampak, serta tidak bernanah dan berair.

Feses (kotoran)

Kotoran adalah sumber penyakit, kucing pun menyadari itu. Oleh karena itu, kucing normal selalu mengubur kotorannya, kecuali kucing jantan memberikan tanda untuk membatasi wilayahnya. Adapun ciri feses yang sehat adalah tidak diare ataupun sembelit dan bebas dari parasit.

Gerakan

Kucing yang sehat dapat dilihat dari keaktifannya. Kucing sehat akan bergerak bebas, sigap, dan gaya berjalannya tidak lamban.

Kulit

Kulit kucing cukup sensitif. Oleh karena itu, cek selalu kesehatan kulit kucing dengan memastikan bahwa kulit kucing tersebut licin, tanpa noda seperti terbakar ataupun nyeri, dan tidak berparasit.

Gigi dan gusi

Gigi kucing yang sehat dan bersih berwarna putih, bebas dari kotoran gigi. Adapun gusinya berwarna pink dan tidak seperti terbakar.

Urine

Kucing yang sehat akan mengeluarkan urine tanpa kesulitan dan rasa sakit. Normal bagi kucing jantan untuk kencing dalam rumah atau taman sekadar untuk menandai daerah kekuasaannya.

sumber:www.catlovers.id