Makanan Manusia yang Berbahaya Bagi Kucing

1. Kismis

Segenggam kismis dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut pada kucing anda. Hindari memberikan kismis dan juga anggur pada kucing anda. Waspadai tanda-tanda keracunan bila kucing anda tidak sengaja memakannya.
Tanda-tanda keracunan ini biasanya terjadi dalam waktu 24 jam, yaitu berupa diare, penurunan nafsu makan, terlihat lemas, lesu, nyeri perut, dan berkurangnya volume air kemih.

2. Bawang Bombay

Sulfoksida dan disulfida di dalam bawang bombay dapat menghancurkan sel darah merah dan menyebabkan gangguan berat pada darah, termasuk anemia.
Bubuk bawang bombay dapat ditemukan di dalam makanan bayi dan berbagai makanan olahan lainnya. Pastikan anda memeriksa komposisi suatu makanan sebelum memberikannya pada kucing kesayangan anda.

3. Bawang Putih

Seperti halnya bawang bombay, bawang putih juga berbahaya bagi kucing anda, bahkan lebih berbahaya karena racun di dalam bawang putih lebih banyak daripada bawang bombay. Jangan memberikan makanan apapun yang mengandung bawang putih pada kucing anda.

4. putih Telur

Telur mentah dapat mengandung salmonella atau E. coli yang dapat menyebabkan gangguan berat pada kucing anda. Jangan berikan putih telur pada kucing anda, baik mentah maupun matang, karena putih telur mengandung avidin yang dapat menghentikan penyerapan vitamin B.

5. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan terjadinya keracunan. Karena ukurannya lebih kecil dari manusia, maka kucing dapat mengalami keracunan alkohol setelah mengkonsumsi sedikit alkohol.

6. Kafein

Berbagai makanan dan minuman yang mengandung kafein sangat berbahaya bagi kucing anda. Kafein yang bekerja sebagai suatu agen diuretika (mengeluarkan cairan dari dalam tubuh) dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.
Selain itu, kafein juga menstimulasi kerja jantung dan sistem saraf. Coklat sangat berbahaya bagi kucing anda karena mengandung kafein dan teobromin (suatu zat kimia yang dapat membunuh kucing anda).

7. Lemak

Memberikan kucing anda makanan yang banyak mengandung lemak dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan, seperti muntah dan diare. Berikanlah kucing anda makanan yang memang khusus dibuat untuk kucing.

8. Tulang

Walaupun tulang tidak mengandung zat-zat yang berbahaya, akan tetapi pecahan tulang dapat menyebabkan terjadinya luka pada organ pencernaan kucing anda atau justru menyumbat saluran pencernaannya.
Tulang mentah juga dapat membuat kucing anda tersedak. Jangan berikan tulang ayam atau bebek atau burung pada kucing anda. Selain menyebabkan gangguan pada usus kucing anda, tulang yang berminyak atau banyak lemak juga dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan secara menyeluruh dan membuat kucing anda mengalami diare atau muntah.

9. Susu atau Krim

Kucing akan mengalami intoleransi laktosa setelah mereka dewasa. Seperti halnya manusia, kucing dengan intoleransi laktosa yang mengkonsumsi susu atau produk olahannya dapat mengalami diare. Bila anda ingin memberikan susu atau krim, pastikan bahwa keduanya tidak mengandung laktosa.

10. Alpukat

Persin yang terdapat di dalam alpukat sangat beracun bagi hewan, termasuk kucing. Bahkan, seluruh pohon alpukat mengandung racun. Oleh karena itu, jangan biarkan kucing anda bermain di dekatnya.
Tergantung pada berapa banyak persin yang termakan, kucing anda dapat mengalami gangguan saluran pencernaan, gangguan pernapasan, atau bahkan terjadi penumpukkan cairan di sekitar jantungnya. Pada beberapa kasus, alpukat dapat menyebabkan kematian pada kucing

sumber:www.dokter.id