Mulut Kucing Bau dan Tidak Mau Makan

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan paling bersahabat di Dunia, sehingga banyak kalangan memutuskan untuk menjadikan hewan satu ini sebagai teman dalam berbagai macam aktivitas. Disisi lain, kucing juga termasuk dalam jenis hewan peliharaan yang bisa dilatih dengan mudah.

Namun ketika kucing ini sudah begitu dekat dengan anda, harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik agar tetap terjaga bersih kondisinya, salah satu yang penting untuk diperhatikan yakni mulut kucing bau dan tidak mau makan.

Penyebab

1. Usia dan Penyakit

Kalau umur kucing sudah tua, mungkin permasalahan semacam ini sudah sering terjadi, karena memang kondisi tubuh yang sudah tidak fit lagi. Akan tetapi ada juga beberapa riwayat penyakit yang dideritanya sejak kecil, seperti virus, calicivirus dan banyak lagi.

Hal-hal seperti itulah yang mungkin cukup sulit di atasi jika tidak melakukan perawatan secara rutin, terlebih jika kondisinya memang sudah berumur. Cara membersihkan gigi kucing menjadi salah satu langkah wajib yang perlu dilakukan guna menjaga kesehatan mulut.

2. Salah Makanan

Salah satu penyebab mulut kucing bau yakni terkait pemberian nutrisi makanan yang tidak tepat.

3. Karang Gigi dan Infeksi Gusi

Jelas saja untuk kehadiran karang gigi akan menyebabkan bau tak sedap muncul pada mulut kucing, terlebih untuk infeksi gusi yang menyebabkan kucing tak lagi nafsu makan lantaran sakit untuk memakan sesuatu.

Beberapa kasus serius sampai-sampai ada kucing peliharaan yang keluar nanah dan semacamnya dari mulut. Dan kalau terjadi salah satu jenis penyakit mulut pada kucing ini, segera bawa ke dokter untuk melakukan penanganan.

4. Gangguan Ginjal

Gangguan ginjal yang terjadi pada kucing sering menjadi penyebab keluarnya urea atau amonia. Dimana ini nanti akan masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan bau mulut yang tak sedap dari kucing. Kalau dibiarkan lama-lama bisa berdampak kematian terhadap sang kucing itu sendiri.

5. Diabetes dan Gangguan Hati

Kucing penderita diabetes juga bisa berpengaruh terhadap bau mulut, dan bahkan masalah pada hati juga bisa mengganggu sistem pernapasan dari si kucing. Dan terkadang ketika kondisinya tidak bagus seperti ini, nafsu makannya sendiri juga akan menurun, sehingga perlu penanganan secara cepat.

Cara Mengatasi

1. Berikan Antibiotik

Langkah awal yang bisa dilakukan ketika terjadi mulut kucing bau dan tidak mau makan yakni pemberian antibiotik. Dikarenakan bisa jadi kondisi tubuh kucing sedang lemas, sehingga menjadi tak terawat dan nafsu makannya sendiri juga menurun.

Akan tetapi pemberian antibiotik ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus dengan anjuran dan resep dari dokter juga agar tidak terjadi overdosis yang malah berdampak buruk terhadap kucing.

2. Bersihkan Karang Gigi

Dan langkah berikutnya yakni melakukan pembersihan terhadap karang gigi, dimana kalau sudah terlalu parah mungkin hanya dokter hewan saja yang disarankan untuk melakukannya. Namun kalau masih cukup lunak bisa lakukan pembersihan secara rutin dengan sikat gigi.

3. Kasih Obat

Kalau untuk masalah mulut bau dalam kondisi yang parah karena penyakit dalam ya mungkin anda bisa memberikan obat sesuai dengan apa yang disarankan oleh dokter. Ini adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan.

Beda lagi dengan nafsu makan dimana anda dapat menerapkan beberapa cara membuat kucing nafsu makan yang sederhana dan mudah dilakukan. Dengan demikian, anda bisa mendukung kesehatan dari kucing ketika diberikan obat yang sudah sesuai.

Pencegahannya
1. Perhatikan Jenis Makanannya

Jelas saja untuk melakukan pencegahan agar kucing tidak berbau mulut dan tetap terjaga nafsu makannya, yakni memperhatikan jenis makanannya. Kalau memang yang dikonsumsi aman dan menarik bagi kucing, jelas akan lancar dan sehat-sehat saja.

Memang sih pemberian seperti daging mentah, ikan mentah cukup menyenangkan, akan tetapi hal itu tidak disarankan sama sekali, karena bisa mengganggu kesehatan dan kebersihan dari sang kucing itu sendiri. Dan setidaknya berikan vitamin untuk kucing agar nafsu makan beberapa hari sekali agar tetap terjaga kondisinya.

2. Selalu Beri Air Bersih Untuk Minum

Layaknya makhluk hidup rumahan lain, dimana anda juga harus memberikan air bersih terhadap hewan kesayangan. Ini bertujuan agar tidak ada bakter yang masuk ke dalam mulut atau bahkan tubuh kucing yang bisa sebabkan bau mulut dan nafsu makan turun.

Sebagai majikan, penting tugasnya untuk selalu mengontrol kondisi air minum yang tersedia di kandang atau tempat kucing biasa bermain agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam kuman berbahaya yang mengancam kesehatannya.

3. Biasakan Menggosok Gigi

Memang sih awalnya akan sulit menjadikan kucing menggosok gigi dengan terbiasa, namun kalau dilatih dan dilakukan secara rutin jelas akan menjadi kebiasaan, sehingga tidak akan berontak lagi. Terlebih ini juga menjadi salah satu langkah cara mengobati bau mulut pada kucing secara alami dan paling mudah.

Itulah beberapa persoalan terkait penyebab, cara mengatasi hingga pencegahan dari mulut kucing bau dan tidak mau makan yang bisa anda lakukan ketika kucing peliharaan terjadi hal demikian. Lakukan dengan segera ketika terjadi masalah agar tidak terjadi persoalan lebih parah nantinya.