penyebab kucing tidur terus


Saat tidur, kucing peliharaan akan terlihat lucu dan manis. Namun jika kucing tersebut tidur terlalu lama, maka Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan kucing tidur terus-menerus.

Banyak hal yang menyebabkan kucing tidur lama. Karena itu, mungkin Anda tidak perlu terlalu khawatir, pastikan penyebabnya terlebih dahulu. Kucing peliharaan perlu dibiasakan untuk melakukan banyak aktivitas, agar kucing tersebut memiliki nafsu makan yang baik dan kebiasaan tidur yang bagus.

Berikut merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan kucing tidur terus:

Pengaruh genetik

Sebagian orang berpikir bahwa kucing merupakan hewan nokturnal. Nokturnal merupakan makhluk hidup yang aktif pada malam hari. Namun, sebenarnya kucing merupakan makhluk crepuscular. Dimana, artinya kucing efektif pada pagi hari atau sore hari untuk mencari makanan. Oleh karena itu, kucing akan tidur sepanjang hari kecuali saat waktu mencari makan.

Menghemat energi

Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan, namun kucing juga mempunyai sisi psikis predator. Hal ini mengindikasikan bahwa kucing menghabiskan waktunya untuk memburu mangsa dan berlari, walaupun kucing tersebut merupakan hewan peliharaan.

Kucing yang merupakan predator akan menghabiskan energinya untuk berburu untuk mendekati mangsa. Karena hal tersebut, kucing perlu menghemat dan menyimpan energi supaya tidak habis dengan cepat, salah satu tindakan yang ditunjukkannya adalah dengan cara pola tidur yang panjang.

Kucing hamil

Kucing yang sering tidur bisa jadi merupakan suatu tanda bahwa kucing tersebut hamil. Hal ini sering terjadi, kucing yang hamil akan memiliki waktu untuk tidur lebih lama dibandingkan kucing yang tidak hamil.

Sakit atau gangguan lain

Anak kucing atau kucing yang berusia 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur yang lebih lama dibandingkan kucing yang sudah dewasa, hal ini disebabkan oleh hormon pertumbuhan akan dilepaskan saat kucing beristirahat.

Umumnya, kucing yang sudah tua juga memiliki waktu tidur yang panjang dibandingkan kucing dewasa, hal ini diakibatkan oleh proses penuaan yang dialaminya.

Pola tidur yang lama pada kucing merupakan suatu hal yang normal. Namun, apabila kucing Kamu tidur terus-menerus melebihi waktu tidur yang seharusnya, bisa jadi merupakan tanda bahwa kucing tersebut sedang sakit.

Apabila waktu tidur kucing yang lama juga diiringi dengan tanda kucing Kamu lemas dan tidak memiliki nafsu makan, mungkin sebaiknya Kamu membawa kucing tersebut perlu dibawa ke dokter hewan untuk ditangani.

Hujan atau cuaca dingin

Keadaan cuaca juga bisa menyebabkan pola tidur kucing. Kucing akan menghabiskan waktu lebih lama untuk tidur saat cuaca dalam keadaan dingin atau ketika musim hujan tiba.

Anemia pada kucing

Anemia juga bisa menyerang kucing dan bisa menjadi penyebab kucing tidur terus-menerus. Jika kucing Kamu terkena anemia, segera periksa gusinya. Jika gusi kucing berwarna lebih pucat daripada biasanya, Kamu perlu waspada mungkin kucing tersebut mengalami anemia. Segera bawa kucing tersebut ke dokter hewan, penanganan yang terlambat bisa menyebabkan kematian pada kucing.