TENTANG STERILISASI KUCING

Kucing pada umumnya dapat berumur 11 – 12 tahun. Kucing yang hidup di dalam rumah bisa berusia lebih panjang dengan rata-rata usia 16 tahun. Kucing tertua di dunia milik Alice George More hidup hingga usia 34 tahun (meninggal 5 November 1957) .
Dewasa kelamin pada kucing betina rata-rata terjadi pada usia 5-6 bulan, sedangkan pada kucing jantan terjadi pada usia 9 bulan. Kucing shorthair mengalami dewasa lebih awal daripada kucing longhair (penulis pernah menemukan kucing yang mengandung pada usia 4 bulan). Masa kebuntingan pada kucing selama 59-70 hari, dengan rata-rata 63-65 hari. Untuk memudahkan mengingatnya jika manusia hamil 9 bulan maka kucing hamil selama 9 minggu.
Jumlah kelahiran per ekor kucing minimal 1 ekor anak dan terbanyak 13 ekor dengan rata-rata 4,6 kucing. Rekor tertinggi jumlah kelahiran pada kuing siam di Inggris pada tanggal 7 Agustus 1970 dengan jumlah kelahiran 19 ekor anak. Selama hidupnya 1 ekor kucing bisa menghasilkan lebih dari 100 ekor anak rekor tertinggi terjadi pada kucing bernama Dusty yang terakhir melahirkan di usia 18 tahun (400 ekor keturunan). 1 ekor anjing bisa menghasilkan 67.000 ekor keturunan, dalam jangka waktu 7 tahun.

Apa itu sterilisasi?

Sterilisasi adalah metode pengangkatan organ reproduksi jantan/ betina melalui prosedur operasi kecil. Pada hewan jantan dilakukan pengangkatan testis (orchiectomy/kastrasi/kebiri) sedang pada hewan betina melalui pengangkatan ovarium (ovariectomy) tanpa/dengan uterus (ovariohysterectomy).

Manfaat sterilisasi:

Mengurangi jumlah populasi hewan, mengurangi resiko penularan penyakit zoonosis (rabies).
Menghindari kelahiran yang tidak diinginkan.
Bagi hewan betina mengurangi resiko kanker uterus, kanker ovarium khususnya ketika kucing memasuki usia tua.
Mengurangi agresifitas dan resiko mengigit.
Dapat berumur lebih panjang dan lebih sehat karena kucing menjadi tidak suka keluar rumah.

Bagaimana dengan suntik KB?

Pengunaan injeksi suntik hormon (KB) bisa mengendalikan siklus reproduksi kucing selama 2-3 bulan. Tetapi untuk jangka panjang pengunaan injksi hormon tidak baik karna dapat meningkatkan resiko kucing betina terkena pyometra (radang pada rahim disertai penimbunan nanah).

Dimana bisa melakukan sterilisasi?

Di klinik hewan.
Rumah sakit hewan.
Pusat Kesehatan Hewan (Pukeswan).

Apa saja syarat hewan bisa disterilisasi?

Minimal usia kucing jantan 6-8 bulan, kucing betina 5-6 bulan.

Minimal anjing usia 4-6 bulan, di Amerika mulai dari 6 minggu.

Hewan dalam kondisi sehat sebaiknya sudah diberi vaksinasi lengkap.

Tidak dalam kondisi bunting untuk betina.

Menandatangani surat persetujuan operasi.

sumber:diskanak.bogorkab.go.id