Ternyata Asap Rokok bagi Kucing sangat Mematikan!

Ternyata, bukan cuma manusia yang bisa terkena bahaya asap rokok, lho catlovers. Kucing yang kita sayangi pun bisa menjadi perokok pasif yang sangat berpotensi terpapar zat-zat kimia yang terkandung dalam asap rokok. Bahkan, bahaya asap rokok bagi kucing lebih besar daripada bahaya asap rokok bagi manusia.

Salah satu alasannya adalah kucing lebih pendek daripada manusia. Jadi, kucing lebih dekat dengan lantai, kerpet, dan keset. Nah, seringkali, zat kimia yang terkandung dalam asap rokok menempel di benda-benda tersebut. Secara otomatis, zat kimia tersebut mudah terhirup oleh kucing. Apalagi, jika si empus senang berguling-guling dan merebahkan diri di karpet. Hal tersebut diperparah dengan kebiasan kucing yang sering melakukan self-grooming, yakni menjilati bulunya sendiri.

Asap rokok bagi kucing tidak hanya menyebabkan terganggunya sistem pernafasan, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit lain. Bahkan, bisa menyebabkan kematian. Berikut beberapa penyakit mematikan yang timbul akibat asap rokok bagi kucing.

Malignant Lymphoma

Meskipun namanya bagus, sebenarnya ini adalah jenis kanker yang sangat agresif. Kanker ini menyerang kelenjar getah bening. Kucing yang menjadi perokok pasif, memiliki kemungkinan besar untuk terkena kanker jenis ini.

Squamous Cell Carcinoma

Penyakit yang kedua juga termasuk jenis kanker. Bedanya, squamous cell carcinoma adalah jenis kanker yang menyerang mulut si catty. Kanker ini juga mudah diderita oleh kucing yang tinggal dengan seorang perokok, apalagi jika sudah lebih dari lima tahun.

Nicotine Poisoning (Keracunan Nikotin)

Bukan rahasia lagi bahwa nikotin sangat berbahaya bagi makhluk hidup, termasuk kucing. Pastikan kucing tidak dekat dengan batang atau putung rokok. Sebab, dengan rasa penasaran besar yang ada di diri mereka, kemungkinan kucing akan menjilati putung rokok tersebut. Hal itu bisa menyebabkan kucing kesayangan kita terkena racun nikotin.

Asma (Sesak Nafas)

Melihat kucing bernafas dengan tersengal-sengal pasti membuat hati catlovers merasa sedih. Itulah yang akan terjadi jika kucing sering menghirup asap rokok. Asap rokok bisa menyebabkan kucing menderita asma kronis yang peyembuhannya memakan waktu lama. Bahkan, asap rokok bagi kucing bisa menyebabkan terjadinya infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus pneumonia.

Itulah empat penyakit mematikan yang diakibatkan oleh asap rokok bagi kucing. Catlovers tidak mau, kan, kalau hewan berbulu kesayangannya menderita? Apalagi penderitaan itu disebabkan oleh pemeliharanya sendiri, perokok aktif. Yuk, mulai sekarang, jauhkan kucing dari asap rokok.

sumber:www.catlovres.id