Tips Memilih Makanan Kucing yang Tepat

credit : freepik.com

 

Untuk tumbuh menjadi sehat, kucing harus diberikan makan sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, terkadang kucing juga pemilih dalam hal makanan yang dikonsumsinya. Beberapa pemilik kucing bahkan mencoba berbagai merek makanan kucing agar menemukan makanan yang cocok.

Meski banyak kucing siap menerima makanan baru, belum tentu dengan kucing peliharaan Anda dan mungkin memiliki preferensi tertentu untuk dipertimbangkan seperti rasa, tekstur, dan bau makanan kucing. Dilansir dari Pet MD, berikut tips memilih makanan kucing.

Rasa dan bahan makanan

Produsen makanan kucing menyediakan pilihan rasa dan bahan makanan yang beragam. Pilih makanan kucing yang cocok dengan selera sahabat bulu.

Jangan lupa bahwa kesegaran makanan juga akan mempengaruhi rasa pada makanan kucing. Jadi, setelah menentukan makanan mana yang paling disukai kucing, simpanlah dengan baik dan gantilah selambat-lambatnya pada tanggal yang tertera pada kemasan.

Bau

Sama dengan manusia, bau atau aroma makanan dapat memikat atau menghalangi kucing untuk memakannya.

Mungkin kucing peliharaan menyukai bau yang menyengat atau lebih suka dengan aroma yang lembut. Kesegaran makanan kucing juga akan mempengaruhi baunya.

Seiring mendekati tanggal kedaluwarsa, makan kucing juga akan kehilangan aroma kesegarannya.

Ketika makanan kucing sudah tidak layak makan, makanan akan berbau lebih tengik daripada sebelumnya. Untuk itu, hindari memberikan makanan kucing yang sudah berbau kepada sahabat bulu.

Tekstur

Hal satu ini mungkin tidak dianggap sepenting bau dan rasa, tetapi tekstur makanan kucing bisa sangat penting untuk kucing yang pemilih dalam hal makanan.

Karakteristik seperti kekerasan, kekentalan, dan elastisitas semuanya dapat membuat perbedaan besar. Banyak kucing lebih menyukai makanan yang renyah serta bertekstur lembut karena lebih mudah dikunyah.

Hindari pemberian camilan ekstra

Memberi makan kucing dengan camilan ekstra yang lebih enak dan lebih menarik daripada makanan normalnya dapat menyebabkan kucing lebih pemilih dalam hal makanan.

Selain itu, jika terlalu banyak orang yang memberi kucing camilan ekstra atau menyelipkannya di meja makan, hal itu dapat menyebabkan kucing obesitas.

Masih tidak yakin apa makanan kucing terbaik untuk dibeli atau mengapa kucing sangat pilih-pilih dalam hal makan?

Bicaralah dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa kebiasaan pilih-pilih makanan yang dilakukan kucing peliharaan bukan karena masalah kesehatan yang mendasarinya seperti masalah pada gigi atau mulut.

 

Source : kompas.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *