7 Manfaat Grooming Bagi Kucing, Bisa Tingkatkan Kenyamanan dan Kesehatan Anabul Kesayangan

Selain memberikan perawatan sendiri bagi kucing peliharaan Anda di rumah, tidak ada salahnya juga membawa anabul ini ke pet grooming secara berkala. Lalu apa manfaat grooming bagi kucing.

Di samping itu, memang ada beberapa perawatan yang tidak dapat Anda lakukan sendiri dan membutuhkan bantuan professional.

Manfaat grooming bagi kucing pun tidak sekedar membuat mereka semakin bersih namun juga melatih ketenangan.

credit : mypets.co.id

Dilansir dari laman lucky dawg salon grooming, berikut 7 manfaat grooming bagi kucing.

1. Memperkecil potensi dicakar

Jika dibiarkan, cakar kucing bisa tumbuh sampai panjang dan tentunya tajam. Bagaimanapun itu, cakar merupakan salah satu alat untuk kucing bertahan alias senjata.

Jadi jangan biarkan cakar kucing terlalu panjang, karena selain dapat menyakiti binatang lain atau pemiliknya, cakar ini juga bisa menyakiti anabul itu sendiri.

2. Mengurangi bola rambut

Beberapa kucing mungkin memiliki permasalahan cukup serius dengan bola rambut. Dengan rutin membawa kucing ke tempat grooming, bulu-bulu yang mungkin akan segera rontok akan dihilangkan terlebih dahulu sehingga tidak mungkin terbawa masuk ke dalam tubuh kucing.

3. Mencegah bulu kusut

Kucing yang tidak terurus dengan baik mungkin memiliki bulu yang kusut. Tidak hanya memperburuk penampilannya, bulu kusut pada kucing dapat menghalangi kemampuan kucing dalam menghasilkan minyak alami yang menjaga kesehatan kulit dan bulunya.

Namun, dalam beberapa kasus yang lebih buruk, masalah ini dapat menyebabkan kulit kucing sampai robek. Jadi, jangan lupa membawa kucing grooming secara rutin.

4. Mengurangi alergen

Jika salah satu anggota keluarga Anda alergi dengan bulu kucing, grooming akan meminimalisir hal tersebut. Dengan perawatan rutin, ketombe kucing yang secara tidak sengaja tersebar di rumah Anda akan berkurang dan membuat seseorang yang alergi merasa lebih nyaman.

5. Membersihkan kutu

Seringkali kita tidak menyadari ada kutu yang bersemayam di dalam lebatnya bulu kucing, apalagi jika kucing Anda tidak suka dipeluk. Jadi, salah satu cara mencegah kutu atau parasit pada kucing adalah dengan membawanya ke grooming.

6. Mencegah bulu rontok

Tantangan menjadi pemilik hewan peliharaan lucu satu ini adalah bulunya yang rontok dan menempel di mana-mana. Sama halnya dengan manusia, untuk mencegah kerontokan bulu kucing juga perlu menerima perawatan. Dengan mendapat grooming secara rutin, Anda juga dapat rileks sejenak untuk membersihkan bulu-bulu yang menempel setiap saat.

7. Meningkatkan rasa nyaman

Kucing merupakan salah satu binatang yang mengandalkan dirinya sendiri alih-alih mengandalkan pemiliknya. Namun, jika kucing Anda terbiasa ditangani oleh perawat grooming, mereka akan merasa bahwa manusia bukan makhluk mengerikan yang harus mereka jauhi.

Maka, dengan membawa kucing ke tempat perawatan profesional yang bisa membuatnya nyaman juga akan meningkatkan kepercayaan kucing pada Anda.

 

Source : suara.com

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *