Bahayakah Kucing Makan Kecoa?

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak diminati. Jika dibandingkan dengan anjing, kucing ini dikenal lebih ramah kepada manusia sehingga banyak orang yang tidak khawatir memeliharanya.

Nah jika anda memiliki hewan peliharaan kucing, pernahkah anda memergoki dirinya sedang memakan kecoa? Apakah hal semacam ini berbahaya dan bakalan muncul tanda tanda kucing keracunan? Jangan panik terlebih dahulu, dan simak penjelasan singkat berikut.

Kucing Makan Kecoa Apakah Lazim?

Seperti yang diketahui, sebagai hewan karnivora kucing ini merupakan pemakan daging, dengan begini maka tidak heran jika kucing memiliki insting berburu ketika melihat hewan yang berukuran lebih kecil darinya.

Meskipun si kucing sudah kenyang diberi makan oleh pemiliknya, namun insting berburunya itu membuat dirinya tetap menyantap hewan kecil yang ada di depannya, termasuk kecoa. Dimana pendeteksian tajamnya termasuk dari salah satu fungsi kumis pada kucing.

Untuk kucing rumahan, hal ini mungkin jarang sekali mereka lakukan, dan mereka memburu kecoa hanya dijadikan mainan saja. Dengan begini maka bisa disimpulkan, jika kucing makan kecoa ini sebenarnya bukanlah hal yang lazim dilakukan oleh kucing rumahan.

Apakah Efek Jika Kucing Makan Kecoa?

Jika kebetulan kucing tiba tiba bertingkah aneh dan memiliki karakteristik tidak lazim, lantas apakah bahaya kucing makan kecoa tersebut? Karena sebagaimana yang diketahui bahwa kecoa ini mengandung banyak sekali bakteri berbahaya, sehingga wajar jika pemilik khawatir akan hal tersebut.

Namun nyatanya, untuk sebagian besar kucing memakan kecoa ini tidak akan menimbulkan efek yang begitu berarti. Namun biasanya jika kucing yang baru pertama kali memakan kecoa, maka bisa saja dia bakal memuntahkannya kembali, dan berikut cara mengatasi kucing muntah beserta penyebabnya.

Bolehkah Membiarkan Kucing Bermain Dan Makan Kecoa Setiap Hari?

Meskipun tidak ada bahaya kucing makan kecoa, namun disarankan bagi anda pemilik kucing untuk tidak membiarkan kebiasaan kucing anda tersebut dilakukan secara berulang-ulang, yakni memakan kecoa secara terus menerus.

Hal ini dikarenakan, kecoa bukanlah makanan yang baik bagi kucing peliharaan anda. Selain itu, jika kucing anda rupanya sering menemukan kecoa didalam rumah, maka ini bisa dipastikan jika rumah anda kurang bersih, sehingga dijadikan sarang untuk kecoa.

Jika sudah begini, maka ada baiknya anda membersihkan rumah agar nantinya kucing tidak bisa menemukan kecoa atau serangga lain yang tidak baik untuk dikonsumsinya. Daripada dimakan kucing, kecoa lebih baik diberikan untuk cara merawat ikan arwana silver yang lebih membutuhkan.

Apa Manfaat Kecoa Bagi Kucing?

Pastinya banyak yang bertanya-tanya, jika memakan kecoa ini tidak ada efek bahaya apapun pada kucing, lantas adakah manfaat dari memakan kecoa tersebut untuk pertumbuhan si kucing?

Pasti ada manfaatnya, namun bukan sumber nutrisi seperti pada makanan lainnya, namun untuk keperluan lain, diantaranya:

Sarana Bermain

Seperti yang sudah diketahui, jika kucing peliharaan yang aktif memang senang sekali bermain, entah bermain sendirian atau mengajak pemiliknya.

Nah, dengan kecoa yang memiliki pergerakan lincah dan ukurannya yang kecil, maka hewan tersebut bisa dijadikan mainan oleh kucing tersebut.

Menjaga Ketajaman Insting Kucing

Selain sebagai sarana bermain, tentu dengan adanya kecoa ini maka akan membuat insting berburu dari kucing ini pun dibutuhkan untuk menangkapnya. Secara tidak langsung, hal ini juga mengasah atau menjaga insting berburu dari mamalia tersebut.

Sarana Olahraga

Beberapa kucing peliharaan ini memang dikenal sebagai hewan pemalas, maka dengan aktifitasnya yang sering berburu hewan kecil seperti kecoa ini maka setidaknya bisa mendorong ia untuk bergerak sekalian olahraga.

Tentu ini akan berpengaruh pada kesehatan si kucing, dengan semakin bergerak maka akan menjaga tubuhnya yang ideal, karena biasanya yang menjadi masalah utama dari kucing peliharaan adalah kelebihan berat badan.

Penghilang Kebosanan

Dengan adanya kecoa untuk sarana bermain si kucing, maka dengan begini kucing anda bisa tetap bermain sekaligus untuk mengurangi kebosanan. Namun sebaiknya jangan sampai ada kecoa dirumah, karena nantinya jika ada tamu yang berkunjung kerumah akan merasa tidak nyaman.

Cara Mencegah Kucing Berhenti Makan Kecoa
Meskipun akibat atau dampak negatif dari memakan kecoa ini tidak terlalu berbahaya, namun bagi beberapa orang tentu sangat kuatir dengan kesehatan kucing mengingat kecoa mengandung banyak sekali bakteri berbahaya didalamnya.

Lantas bagaimana cara mencegah kucing berhenti makan kecoa?

Membersihkan rumah secara berkala menjadi tugas wajib yang harus anda lakukan. Hal ini untuk mencegah kecoa bersarang dirumah anda dan menjadi mainan kucing nanti. Adanya kecoa pertanda rumah anda kurang bersih.
Menyemprotkan obat serangga jika ada kecoa juga menjadi cara yang efektif untuk membasminya. Namun sebelum itu pastikan semua makanan yang ada dirumah sudah ditutup, dan juga kucing tidak sedang ada disekitar.
Berikan kucing anda teman atau sebuah mainan untuk ia bermain, dengan begini maka kucing anda tidak akan kesepian dan mengejar kecoa untuk bermain.
Ajak kucing sering bermain keluar rumah, seperti di teras. Dengan begini maka mereka bisa mengasah insting berburunya pada hewan lain, seperti burung liar.
Kurang lebih seperti itulah beberapa hal terkait bahayakah kucing makan kecoa yang bisa anda perhatikan. Dan ketahui juga terkait gejala toxoplasma pada kucing yang bisa jadi disebabkan oleh makanan kurang terjamin kebersihannya, termasuk kecoa.

sumber:arenahewan.com