Tips Merawat Kucing Pasca Operasi

Kucing yang baru saja selesai melakukan operasi seperti proses pemandulan, pengebirian dan jenis operasi lainnya memang dilakukan untuk mengatasi masalah tertentu. Akan tetapi tetap saja sesudah operasi tersebut, kucing membutuhkan perawatan lanjutan.

Operasi yang dilakukan dengan membuat sayatan di bagian tubuh tertentu menjadi jalan masuk kuman yang harus dijaga dengan baik.

Selain itu, kondisi kucing yang masih sangat lemah membutuhkan perlakuan dan perhatian khusus agar kucing bisa pulih sepenuhnya tanpa terjadi komplikasi. Berikut ini akan kami berikan panduan cara merawat kucing pasca operasi yang wajib untuk anda lakukan.

Menyediakan Ruangan Nyaman

Kucing yang baru saja menjalani operasi kemungkinan akan merasa bingung dan mual selama 18 hingga 24 jam sesudah anestesi sehingga kucing jadi mudah marah pada orang ataupun hewan lainnya. Untuk itu, pastikan menyediakan sebuah ruangan yang nyaman supaya kucing anda bisa beristirahat secara baik. Namun pastikan untuk menutup semua titik tersembunyi yang susah untuk diakses supaya anda tetap bisa mengawasi kucing. Jauhkan juga kucing anda dari hewan lain atau anak anak sebab kucing membutuhkan waktu untuk menyembuhkan diri.

Menjaga Ketenangan Kucing

Pastikan juga anda menyediakan sebuah tempat yang nyaman untuk tempat beristirahat seperti yang dilakukan pada cara merawat bayi kucing. Jika anda tidak memiliki ranjang untuk kucing, maka bisa memakai bantal empuk atau selimut yang diletakkan dalam sebuah kotak. Jika memungkinan, letakkan tempat tidur kucing pada lantai atau ubin kayu sebab kucing senang mendinginkan area preutnya dengan cara meregangkan tubuh pada lantau yang dingin dan keras yang juga membantu untuk meredakan rasa sakit pada titik operasi.

Gunakan Cahaya Temaram

Kucing yang masih berada dalam pengaruh obat bius sesudah operasi umumnya sangat sensitif terhadap cahaya sehingga lampu harus diredupkan pada tempat kucing beristirahat. Jika tidak memungkinkan untuk meredupkan lampu, maka pakai sesuatu untuk menutupi tempat tidur kucing untuk mengurangi intensitas cahaya.

Sediakan Tempat Kotoran Baru dan Bersih

Sesudah menjalani operasi, kucing harus menghindari beberapa aktivitas seperti melompat, menaiki tangga atau aktivitas terlalu berat lainnya supaya bisa mempercepat proses penyembuhan sesudah pembedahan. Hindari memakai kotak kotoran yang biasa digunakan setidaknya untuk 1 minggu sesudah pembedahan sebab bisa mengganggu sayatan bekas operasi sehingga bisa menyebabkan infeksi khususnya pada kucing jantan. Pakai kertas atau koran yang sudah dihancurkan atau juga isa memakai beras yang diletakkan dalam kotak kotoran.

Hindari Kucing Keluar Rumah

Sebaiknya, hindari dan janan perbolehkan kucing untuk keluar rumah setidaknya 2 minggu sesudah menjalani operasi supaya titik pembedahan bisa tetap steril, kering dan terbebas dari infeksi.

Periksa Bekas Sayatan

Periksa juga bekas sayatan operasi dan lihat perkembangannya. Apabila memungkinkan, anda bisa meminta dokter hewan untuk memperlihatkan bekas sayatan operasi sebelum membawa kucing pulang ke rumah dan bisa juga di foto pada hari pertama sesudah menjalani operasi dan jika terjadi perubahan maka segera konsultasikan ke dokter hewan.

Gunakan Kalung Elizabethan

Dokter kemungkinan juga akan memakaikan kalung elizabethan atau juga bisa dibeli pada toko perlengkapan hewan. Kalung ini berguna untuk membatasi gerakan di sekitar wajah kucing supaya tidak mengganggu area bekas operasi. Kalung ini juga disebut dengan kalung protektif, kalung E atau kalung kerucut.

Berikan Makanan dan Minuman

Berikan air pada mangkuk yang dangkal sesudah kucing selesai operasi dan dibawa pulang dari dokter hewan. Dokter hewan juga mungkin akan memberi instruksi tentang tata cara pemberian makan pada kucing anda yang perlu diikuti secara baik.

Apabila kucing responsif, maka berikan 1/4 porsi makanan dari ukuran normalnya dalam waktu 2 hingga 4 jam sesudah pulang dari operasi namun tetap jangan dipaksa untuk makan dan minum jika kucing belum mau sebab salah satu penyebab kucing tidak mau makan kemungkinan karena masih dibawah pengaruh obat bius yang digunakan saat operasi.

Apabila kucing sudah mau makan, maka berikan makanan dalam jumlah kecil dalam waktu 3 hingga 6 jam dan ulangi kembali sampai akhirnya kucing bisa makan dengan porsi penuh dan lanjutkan seperti biasa.

Hindari Kudapan

Jangan berikan makanan, kudapan atau makanan tidak bergizi sesudah kucing di operasi sebab bisa mengganggu perut kucing. Hindari juga memberikan susu pada kucing karena masih sulit untuk dicerna.

Biarkan Kucing Istirahat

Hindari mengajak kucing main setelah selesai dibedah. Meski kucing anda terlihat sudah pulih, namun sebenarnya kucing masih merasa kurang nyaman dan butuh waktu untuk istirahat karena badannya yang masih lemah yang juga dilakukan sebagai cara perawatan kucing setelah vaksin.

Jangan Gendong Kucing

Seperti cara mengatasi kucing keseleo yang membuat kucing tidak nyaman, luka bekas operasi pada kucing bisa terbuka kembali jika anda mengangkat, menggendong atau menggerakan tubuh kucing terlalu berlebihan. Namun jika ingin mengangkat kucing, maka bisa mengangkat tubuh kucing dengan satu tangan untuk menyanggah tubuh bagian belakang dan 1 tangan lagi untuk menyanggah area dada kucing tepat dibawah kaki depan dan lakukan dengan perlahan.

Batasi Gerakan Kucing

Pastikan kucing tidak melakukan gerakan terlalu berlebihan setidaknya 1 minggu sesudah operasi sebab bisa menyebabkan iritasi atau infeksi pada titik bedah. Jauhi berbagai tempat favorit kucing bermain dan letakkan kucing pada ruangan kecil yang nyaman. Hindari juga mengenakan baju pada kucing khususnya 1 sampai 2 hari sesudah operasi dilakukan.

Jangan Mandikan Kucing

Hindari memandikan kucing setidaknya 10 hingga 14 hari sesudah operasi karena jahitan masih basah dan bisa menimbulkan iritasi atau infeksi pada titik bedah. Apabila diperlukan, bersihkan dengan teratur tempat bekas pembedahan memakai kain lembab bersih tanpa sabun namun hindari area tepat bekas sayatan dan jangan digosok keras.

Berikan Obat Pereda Sakit

Dokter juga kemungkinan meresepkan obat untuk kucing anda sebagai pereda rasa sakit. Ikuti petunjuk resep dengan tepat bahkan jika kucing sudah tidak terlihat sakit. Kucing merupakan salah satu hewan yang pintar menyembunyikan sakit sehingga ia mungkin tidak memperlihatkan rasa sakit yang masih dirasakan. Jangan pernah berikan obat yang bukan direkomendasikan secara khusus oleh dokter hewan.

Obat obatan manusia bahkan obat hewan lain seperti anjing bisa berbahaya bahkan membunuh kucing anda termasuk untuk cara mengobati kucing cacingan sehingga jangan pernah memberikan obat apapun kecuali yang diberikan dokter hewan anda.

sumber:dokterhewan.co.id