Kucing Munchkin: Apakah Ada Makanan Khususnya?

credit : instagram/katieandfrankie

 

Akibat kelainan genetik pada kucing Munchkin, ada salah satu anggapan yang paling populer ketika memutuskan memelihara kucing ini. Hal tersebut adalah jenis asupan makanan untuk kucing munckhin.

Kelainan genetik kucing munchkin hanya berpengaruh pada penampilan fisik dan tidak mempengaruhi selera atau jenis makanan tertentu pada kucing tersebut, artinya kucing munchkin punya selera makanan yang sama  seperti  kucing pada  umumnya.

Anggapan makanan tertentu tersebut, dalam sebuah Journal of Small Animal Practice, dikutip dari laman, munchkincatguide.com, menjelaskan makanan khusus menjadi streotipe paling populer terkait kucing munchkin.

Sebab seperti kucing pada umumnya, maka kebutuhan kucing munchkin perlu asupan seperti mikronutrisi yakni protein, lemak dan karbohidrat. Dalam publikasi “Pakan dan Kucing. Kesehatan dan Risiko Penyakit Akibat Pakan pada Kucing”, dari researcgate, menyebutkan dalam sehari kucing membutuhkan 26 gram nutrisi protein, 9 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat. Yang kebutuhan nutrisi tersebut sama dengan 52% kebutuhan kalori.

Selain itu batasan kebutuhan kalori dari karbohidrat  dalam sehari yakni di kisaran 300 kj.

Selain nutrisi tersebut, dari sumber yang sama menyebutkan ada pula pemenuhan  kebutuhan nutrisi esensial di antaranya arginine, thiamine, thaurine, vitamin A, vitamin D, asam linoleat, asam arakhidonat. Adapun peran arginine adalah mengkonversi ammonia menjadi ureum yang larut dalam air dan dapat disekresikan melalui urin.

Mengutip dari laman wereallaboutpets.com, menjelaskan beberapa hal yang dapat diingat dalam pemenuhan kebutuahan makan kucing munchkin peliharaan di rumah,  yakni sumber protein berkualitas dari berasal dari sumber hewani seperti daging, unggas dan ikan.

Pemenuhan sumber lemak sehat dapat bermanfaat bagi kucing munchkin mendorong pertumbuhan dan perkembangannya, perkembangan otak dan kulit serta bulu yang sehat bisa didapat dari asam lemak omega.

Pemberian suplemen vitamin dan mineral membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi tepat untuk  mendukung kesehatan pertumbuhan dan perkembangan sang kucing. Untuk pemenuhan protein harus berasal dari sumber hewani seperti daging, unggas, dan ikan sedangkan lemak harus berasal dari hal-hal seperti lemak ayam dan minyak salmon.

 

source : tempo.co
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *