Nutrisi Penting dan Manfaat Kuning Telur untuk Kucing, Ini Rahasia yang Wajib Diketahui Pemilik Kucing

Telur dianggap sebagai protein hewani yang sempurna dan makanan super bagi umumnya manusia. Menariknya, ketika dimasak, kuning telur sama bermanfaatnya untuk kucing! Banyak ilmuwan meneliti bahwa kuning telur sangat bergizi untuk hewan. Untuk itu, merangkum dari laman Pumpkin Care, Jumat (18/2/2022), ketahui lebih lanjut manfaat kuning telur untuk kucing sebelum memberikannya.

credit : freepik.com

 

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Produsen makanan kucing menambahkan telur ke dalam formula makanan kucing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan persentase protein dan menambahkan banyak manfaat kesehatan. Namun banyak juga yang memberi makan telur langsung ke kucing!

Kucing menjadi karnivora wajib (artinya hanya dapat memetabolisme asam lemak dari protein hewani), sehingga kucing mendapat manfaat dari sumber protein telur yang sempurna. Berikut ini adalah manfaat kuning telur untuk kucing berdasarkan kandungannya.

  • Protein Hewani: Telur sepenuhnya protein hewani. Ini penting untuk karnivora obligat yang kekurangan enzim hati yang diperlukan untuk memetabolisme protein nabati atau produk susu.
  • Asam Amino: Sel terdiri dari protein, dan asam amino adalah bahan penyusun protein. Kucing membutuhkan 11 asam amino esensial dan 10 ditemukan dalam telur.
  • Taurin: Telur adalah sumber taurin yang sangat baik.Mengandung protein hewani, taurin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan jantung pada kucing. Kucing tidak dapat membuat taurin sendiri, jadi taurin ditambahkan sebagai suplemen untuk semua makanan kucing.
  • Bebas Karbohidrat: Menjadi protein hewani murni, tidak ada karbohidrat dalam telur. Kucing, sebagai karnivora wajib, tidak memiliki kebutuhan esensial akan karbohidrat, menjadikan telur bebas karbohidrat sebagai sumber protein murni yang sangat baik.
  • Vitamin A: Kandungan di dalam vitamin A ini diklaim mampu menyehatkan jantung, sistem saraf, kulit hingga bulu kucing.
  • Vitamin D: Dengan adanya vitamin D, pertumbuhan tulang dan kalsium dalam tubuh kucing akan terjaga. Kucing tidak memproduksinya sendiri, menjadikannya vitamin penting yang ditambahkan ke makanan kucing. Manusia mensintesis vitamin ini di kulit (vitamin sinar matahari), tetapi kucing tidak bisa melakukannya.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi terhadap kerusakan sel. Ini juga merupakan vitamin penting yang ditambahkan ke makanan kucing.
  • Vitamin B12: Ini adalah vitamin penting lainnya yang mendukung sistem kekebalan, sistem pencernaan, dan sistem saraf kucing.
  • Tiamin: Nutrisi ini mendukung metabolisme karbohidrat yang sehat untuk organ berenergi tinggi seperti otak.
  • Zat Besi: Ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan kucing untuk menjaga sel darah merah mereka tetap sehat. Jika tidak ada dalam makanan kucing, kucing Anda bisa menjadi anemia.
  • Riboflavin: Juga dikenal sebagai vitamin B2, nutrisi ini membantu dalam produksi sel darah merah dan antibodi yang dibutuhkan kucing untuk melawan penyakit.
  • Seng: Nutrisi ini meningkatkan kualitas kulit, rambut, dan sistem reproduksi kucing Anda.
  • Selenium: Ini adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel kucing Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Biotin: Biotin sangat penting untuk membantu kucing memproses dan mengeluarkan protein, meningkatkan kualitas kulit dan bulu mereka, dan mendukung kelenjar tiroid dan adrenal mereka.

 

Seperti yang Anda telah baca sebelumnya, ada begitu banyak nutrisi penting dan manfaat kuning telur untuk kucing Anda!

 

source : suara.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *