Memahami Apa Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya

credit : pexels.com

Penyebab kucing muntah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa karena kehamilan, hairballs, keracunan, terinfeksi parasit, penyakit kronis, dan lainnya.

Meski termasuk fenomena biasa, melihat kucing peliharaan muntah tentu membuat para cat lovers merasa khawatir. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat kucing merasa kesakitan dan tidak nyaman.
Muntah pada kucing terjadi karena proses pengeluaran isi lambung melalui mulut akibat adanya kontraksi abdomen. Pada beberapa kasus, kondisi ini menandakan kesehatan kucing yang sedang menurun dan kurang fit.
Muntah pada kucing juga bisa menjadi indikasi gangguan saluran pencernaan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Muntah Pada Kucing

Umumnya, muntah pada kucing termasuk gejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Dirangkum dari situs Great Pet Care, berikut penyebab kucing muntah yang paling umum:
1. Bola rambut (hairballs)
Saat kucing menjilati tubuhnya, lidah kasar mereka terkadang menarik bulu dan tak sengaja menelannya. Bulu ini dapat menumpuk di perut dan menyebabkan kesulitan pencernaan. Ini menjadi penyebab kucing muntah paling umum.
Jika kucing Anda mengalami hal tersebut, cobalah konsultasikan dengan dokter hewan. Redaksi Trubus dalam buku 24 Tip Merawat Kucing menambahkan, rutin melakukan grooming dapat mencegah kondisi hairballs terjadi.
2. Gastroenteritis
Gastroenteritis dapat terjadi karena diet, racun, dan efek samping obat lainnya. Umumnya, gejala penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada kondisi yang lebih serius, diperlukan penanganan dan perawatan intensif dari dokter hewan.
3. Menelan benda asing
Memakan benda asing seperti mainan, seutas tali, ikat rambut, dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebab kucing muntah. Benda asing tersebut dapat menyumbat dan merusak saluran pencernaan. Kondisi ini tergolong serius dan membutuhkan perhatian dokter hewan segera.
4. Alergi makanan dan penyakit radang usus
Alergi cukup jarang terjadi pada kucing. Namun jika terjadi, dapat menyebabkan muntah dan peradangan saluran pencernaan. Beberapa kucing juga bisa mengalami diare kronis akibat kondisi ini.
5. Penyakit sistemik
Penyakit kronis seperti ginjal, pankreatitis, dan hipertiroidisme dapat menyebabkan mual dan muntah pada kucing. Perlu dilakukan identifikasi kondisi yang mendasarinya. Anda harus siap merawat kucing dengan sepenuh hati.
6. Kanker
Kanker saluran pencernaan cukup umum terjadi pada kucing dan dapat menimbulkan gejala muntah. Hal ini dapat mengganggu pencernaan normal mereka. Gejala kanker umumnya diikuti perasaan mual, tidak nyaman, dan malaise pada kucing.
Kesimpulan :
Apa penyebab muntah pada kucing?
Bisa karena kehamilan, kebiasaan kucing yang menelan bulunya sendiri, keracunan, terinfeksi penyakit, dan lain sebagainya.
Apa itu hairballs?
Hairballs merupakan kondisi dimana terdapat bola yang terbentuk dari rambut – rambut mati yang dijilati oleh kucing dan masuk ke dalam pencernaan.
Apa penyebab gastroenteritis pada kucing?
Gastroenteritis pada kucing dapat terjadi karena diet, racun, atau efek samping pengobatan lainnya.
Source : kumparan.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *