Perut Masih Sensitif, Bisakah Anak Kucing Minum Selain Susu Induknya?

Kita mungkin berpikir bahwa dapat memberi susu untuk anak kucing, tetapi apakah susu sapi sebenarnya aman untuk anak kucing?

Bagaimana dengan susu kedelai, susu kambing atau susu almond? Apakah itu pilihan sehat untuk memberi makan anak kucing jika induknya tidak ada?

Dilansir dari Pet MD, satu-satunya susu yang sehat untuk diminum anak kucing adalah susu induknya, atau mereka akan membutuhkan pengganti susu kucing, yang juga bisa disebut susu formula kucing.

Sebab, anak kucing akan kekurangan enzim yang tepat untuk mencerna laktosa dalam susu sapi, dan memberi susu sapi untuk anak kucing dapat menyebabkan diare dan dehidrasi dengan sangat cepat pada anak kucing yang sangat kecil.

Inilah mengapa penting untuk menghindari pemberian susu sapi kepada anak kucing.

credit : unsplash.com

 

Memiliki Perut Sensitif

Selain itu kucing juga memiliki perut yang sensitif, penting untuk menghindari memberi anak kucing susu lain juga, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu kacang lainnya.

Susu almond dan susu kedelai tidak memberikan keseimbangan yang tepat dari asam amino yang dibutuhkan untuk kucing karena kucing adalah karnivora tulen dan harus makan produk hewani atau akan kekurangan gizi.

Bagaimana dengan susu kambing?

Jika kita melakukan pencarian online, kita mungkin akan menemukan bahwa beberapa orang merekomendasikan susu kambing untuk anak kucing.

Tetapi kebanyakan dokter hewan tidak akan menyarankan pemberian susu kambing kepada anak kucing karena ada pilihan formula anak kucing yang lebih baik yang lengkap, seimbang, dan cocok untuk sistem pencernaan anak kucing.

Sebelum kita memilih susu untuk anak kucing, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan mana yang paling cocok untuk anak kucing.

Sebagian besar anak kucing perlu disusui oleh induknya atau diberi susu formula dari botol hingga usia 4-5 minggu. Namun, ini bukan aturan yang keras dan cepat.

Penyapihan dapat dilakukan kemudian jika anak kucing kekurangan berat badan atau sakit, dan penting untuk menggunakan penilaian terbaik kita saat menyapih.

Jika anak kucing mulai kehilangan berat badan, berhenti makan, atau lebih lesu dari biasanya selama proses penyapihan, kembalilah ke susu formula selama 3-5 hari sebelum mencoba menyapih lagi.

 

source : nova.grid.id
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *